KOMUNIKASI PERSUASIF TERKAIT KESADARAN KESEHATAN MENTAL DALAM SERIES DAILY DOSE OF SUNSHINE (ANALISIS SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE)

NUR HAFIZAH, . (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF TERKAIT KESADARAN KESEHATAN MENTAL DALAM SERIES DAILY DOSE OF SUNSHINE (ANALISIS SEMIOTIK FERDINAND DE SAUSSURE). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi persuasif adalah strategi yang digunakan untuk meyakinkan dan memengaruhi orang lain agar menerima suatu pesan tanpa memberikan tekanan dan tetap memberikan kebebasan kepada mereka untuk menerima atau menolak pesan tersebut. Penggunaan komunikasi persuasive dengan teknik yang tepat dinilai mampu mengubah sikap atau pandangan seseorang. Berdasarkan data, 44% responden dari 31 negara menilai kesehatan mental sebagai masalah kesehatan utama. Isu kesehatan mental saat ini sudah semakin gencar disampaikan melalui media komunikasi massa dalam bentuk produk�produk budaya, contohnya series. Series yang mengangkat tema kesehatan mental dapat berperan penting dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang masalah ini. Salah satunya pada tahun 2023, telah rilis sebuah series bergenre medis yang mengangkat isu mengenai kesehatan mental dengan judul “Daily Dose of Sunshine”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif terkait kesadaran kesehatan mental yang digunakan dokter dan perawat kepada pasien pada series Daily Dose of Sunshine. Dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Ferdinand de Saussure melalui system penanda (signifier) dan petanda (signified). Data yang diteliti merupakan potongan dialog dan gambar yang terdapat dalam series “Daily Dose of Sunshine”. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi persuasive yang dilakukan menggunakan teknik tataan, teknik integrasi, teknik pay off dan fear arousing. Media penyampaiannya adalah secara langsung atau face to face (interpersonal) dan dalam komunikasi verbal. Dalam hal ini, factor pendukung komunikasi persuasif antara para dokter dan perawat adalah adanya kredibilitas komunikator dan juga daya tarik komunikator. Lalu, terjadinya umpan balik atau efek pada para persuadee, yaitu semua persuade menerima pesan persuasif, menjadi lebih terbuka, dan melakukan tindakan positif yang dihimbau oleh para petugas medis. ***** Persuasive communication is a strategy used to convince and influence others to accept a message without applying pressure, allowing them the freedom to accept or reject the message. The use of persuasive communication with appropriate techniques is considered capable of changing someone's attitude or perspective. According to data, 44% of respondents from 31 countries consider mental health a primary health issue. Currently, mental health issues are increasingly being conveyed through mass communication media in the form of cultural products, such as series. Series that address mental health themes can play a significant role in raising public awareness and understanding of these issues. One example is the release of a medical-themed series in 2023 titled “Daily Dose of Sunshine,” which addresses mental health issues. The purpose of this study is to understand how persuasive communication related to mental health awareness is used by doctors and nurses towards patients in the series "Daily Dose of Sunshine." In its analysis, this study uses a qualitative approach with Ferdinand de Saussure's semiotic method through the system of signifier and signified. The data examined consist of snippets of dialogue and images from the series "Daily Dose of Sunshine." The results show that persuasive communication employs the techniques of arrangement, integration, pay-off, and fear arousing. The medium of communication is direct or face-to-face (interpersonal) and through verbal communication. In this context, the supporting factors for persuasive communication between doctors and nurses include the communicator's credibility and attractiveness. Furthermore, feedback or effects on the persuadees occur, where all persuadees accept the persuasive message, become more open, and take the positive actions encouraged by the medical personnel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anggun Nadia Fatimah, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Bahasa dan Kesusastraan > Semiotik dan Semantik
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Nur Hafizah .
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:26
Last Modified: 01 Aug 2024 02:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47448

Actions (login required)

View Item View Item