PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL (SOCIAL ENVIRONMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA DI SMAN 103 JAKARTA

INDAH SUBEKTI, . (2024) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL (SOCIAL ENVIRONMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA DI SMAN 103 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap kemampuan membaca Al Qur’an siswa di SMAN 103 Jakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kemampuan membaca Al Qur’an siswa yang berbeda-beda, ada yang sudah sesuai dengan tajwid, makhrijul huruf serta fasih, dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yakni siswa kelas X (fase E) SMAN 103 Jakarta yang berjumlah 215 orang, dengan sampel penelitian ini yaitu 32 orang di kelas XE-4 dan XE-7. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, penyebaran angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pengaruh lingkungan sosial siswa SMAN 103 Jakarta dominan berkategori sedang atau cukup sebanyak 22 orang dengan presentase 69%, kategori tinggi sebanyak 5 orang dengan presentase 16%, dan kategori rendah sebanyak 5 orang dengan presentase 15%. (2) Kemampuan membaca Al Qur’an dominan berkategori sedang atau baik sebanyak 20 orang dengan presentase 62%, kategori tinggi atau sangat baik sebanyak 5 orang dengan presentase 16%, dan kategori rendah sebanyak 7 orang dengan presentase 21%. (3) Lingkungan Sosial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Lalu, nilai t hitung 6,783 > t tabel 2,042 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh Lingkungan Sosial (X) terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an (Y). Lalu, diperoleh koefisien detrminasi (R square) sebesar 0,605 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas (Lingkungan Sosial) terhadap variabel terikat (Kemampuan Membaca Al Qur’an) adalah sebesar 60,5% dan sisanya ada karena faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. ***** This research aimed to determine the influence of social environment on students' ability to read the Qur'an at SMAN 103 Jakarta. The study was motivated by varying levels of Qur'anic reading ability among students, ranging from those proficient in tajwid, makhrijul huruf, and fluency, to those less proficient. It employed a quantitative research approach. The population consisted of 215 tenth-grade students (phase E) at SMAN 103 Jakarta, with a sample size of 32 students in classes XE-4 and XE-7. Data collection techniques included observation, distribution of questionnaires, and documentation. Data analysis utilized quantitative descriptive analysis. The findings were as follows: (1) The influence of social environment on students at SMAN 103 Jakarta predominantly fell into the moderate or sufficient category, with 22 students (69%), followed by high category with 5 students (16%), and low category with 5 students (15%). (2) Qur'anic reading ability was predominantly categorized as moderate or sufficient by 20 students (62%), high by 5 students (16%), and low by 7 students (21%). (3) Social environment significantly influenced Qur'anic reading ability with a significance value of 0.00 < 0.05, indicating rejection of Ho. The calculated t-value of 6.783 > tabulated t-value of 2.042 supported the acceptance of Ha, indicating a significant influence of Social Environment (X) on Qur'anic Reading Ability (Y). The coefficient of determination (R square) was 0.605, suggesting that 60.5% of the variation in Qur'anic reading ability was explained by social environment, while the remainder was due to other unexamined factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Sari Narulita, M.Si., ; 2) Dr. Izzatul Mardhiah, S.Ag., MA.,
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama)
Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23616 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 23:53
Last Modified: 30 Jul 2024 23:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47492

Available Versions of this Item

  • PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL (SOCIAL ENVIRONMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA DI SMAN 103 JAKARTA. (deposited 30 Jul 2024 23:53) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item