PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 172 KELAS VIII

DHANIAR RAFIDA, . (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 172 KELAS VIII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1..pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2..pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3..pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4..pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER..pdf

Download (864kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Media Pembelajaran Kokami (Kotak Kartu Misterius) dalam meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 172 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & Mc Taggart yang mencakup beberapa siklus dan masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahap seperti tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran pada penelitian ini adalah kelas VIII.4 yang berjumlah 35 peserta didik dimana terdiri dari 17 peserta didik laki-laki, dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian dilakukan 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Pada siklus 1 persentase hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 69% dengan nilai rata-rata 79. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 83% dengan nilai rata-rata 83. Lalu dalam keaktifan peserta didik yang diukur dalam aspek kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, kemampuan berpendapat, dan kemampuan memecahkan masalah, pada siklus 1 didominasi oleh peserta didik yang cukup aktif dari berbagai aspek tersebut. Kemudian, pada pelaksanaan siklus 2 persentase sangat aktif dari berbagai aspek mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas VIII.4 SMP Negeri 172 Jakarta setelah menggunakan media pembelajaran Kokami (Kotak Kartu Misterius). Kata Kunci : media pembelajaran, kokami (kotak kartu misterius), hasil belajar ***** This study aims to determine the Kokami Learning Media (Mysterious Card Box) in improving Learning Outcomes in Social Sciences Subjects for Class VIII Students at SMP Negeri 172 Jakarta. The type of research used in this research is classroom action research using the Kemmis & Mc Taggart model which includes several cycles and each cycle consists of several stages such as planning, implementation, observation and reflection stages. The target of this research was class VIII.4, totaling 35 students, consisting of 17 male students and 18 female students. The research was carried out in 2 cycles where each cycle consisted of three meetings. In cycle 1, the percentage of student learning outcomes was 69% with an average score of 79. Then it increased in cycle 2 by 83% with an average score of 83. Then in terms of student activity, it was measured in terms of the ability to ask questions, the ability to answer, Opinion ability and problem solving ability in cycle 1 are dominated by students who are quite active in these various aspects. Then, in the implementation of cycle 2, the percentage of very active people from various aspects increased from the previous cycle. The results of this research prove that there is an increase in learning outcomes and the activity of class VIII.4 students at SMP Negeri 172 Jakarta after using the Kokami (Mysterious Card Box) learning media. Keywords: learning media, kokami (mysterious card box), learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Desy Safitri, M.Si ; 2). Saipiatuddin, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 24215 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 01:55
Last Modified: 01 Aug 2024 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47591

Actions (login required)

View Item View Item