PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ‘YUK, MENGENAL TAJWID’ PADA MATERI PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 13 JAKARTA

SALSABILLA KHAIRUNNISA JARKASI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ‘YUK, MENGENAL TAJWID’ PADA MATERI PAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMAN 13 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (926kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui analisis kebutuhan media pembelajaran ’Yuk, Mengenal Tajwid’ pada materi ilmu tajwid, (2) Merancang model media pembelajaran ’Yuk, Mengenal Tajwid’ pada materi ilmu tajwid, (3) Mengembangkan produk berupa media pembelajaran ’Yuk, Mengenal Tajwid’ pada materi ilmu tajwid, (4) Melakukan implementasi media pembelajaran ’Yuk, Mengenal Tajwid’ pada materi ilmu tajwid kepada siswa kelas XI di SMAN 13 Jakarta, (5) Mengevaluasi permasalahan, kendala dan solusi yang terdapat pada media pembelajaran ’Yuk, Mengenal Tajwid’ pada materi ilmu tajwid. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (Evaluasi). Tahap analisis kebutuhan yang di lakukan di temukan fakta di lapangan. Perancangan media pembelajaran dilakukan dengan merancang diagram alur (flowchart) dan storyboard (papan cerita) untuk mempermudah dalam penggambaran rancangan media seperti tata letak, elemen dan penempatan konten materi. Tahap Implementasi media pembelajaran dengan melakukan uji coba kepada ahli bahasa, ahli materi, ahli media, guru dan peserta didik. Hasil validasi yang di peroleh ahli materi (98,33%) artinya sangat baik, ahli bahasa (97,77%) artinya sangat baik, ahli media (60%) artinya cukup baik, guru mata pelajaran PAI (90%) artinya sangat baik dan respon peserta didik (91%) menunjukan respon positif. Langkah terakhir dari proses ADDIE yaitu, tahap Evaluasi dari pengembangan media pembelajaran ini yaitu komentar dan saran perbaikan dari para ahli serta pengguna. Adapun hasil belajar siswa sudah mampu menjawab dengan benar soal yang telah diberikan, sehingga dengan kesimpulan bahwa siswa mampu mendapatkan nilai diatas KKM Kata Kunci : Media Pembelajaran, hasil belajar, tajwid ***** The objectives of this research are to: (1) Determine the analysis of the needs for the learning media 'Yuk, Mengenal Tajwid' in the tajwid subject matter, (2) Design the model of the learning media 'Yuk, Mengenal Tajwid' in the tajwid subject matter, (3) Develop a product in the form of the learning media 'Yuk, Mengenal Tajwid' in the tajwid subject matter, (4) Implement the learning media 'Yuk, Mengenal Tajwid' in the tajwid subject matter to Grade XI students at SMAN 13 Jakarta, (5) Evaluate the problems, challenges, and solutions found in the learning media 'Yuk, Mengenal Tajwid' in the tajwid subject matter. The development model used in developing the learning media is the ADDIE model, which consists of 5 stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The needs analysis stage found facts in the field. The design of the learning media was carried out by creating flowcharts and storyboards to facilitate the depiction of the media design such as layout, elements, and content placement. The implementation stage of the learning media was conducted through trials with language experts, subject matter experts, media experts, teachers, and students. The validation results obtained from the subject matter experts were (98.33%), which means very good, language experts (97.77%), which means very good, media experts (60%), which means quite good, PAI subject teachers (90%), which means very good, and student responses (91%) showed a positive response. The final step of the ADDIE process, which is the evaluation stage, included comments and improvement suggestions from experts and users. categorized as moderate, concluding that students were able to achieve scores above the Minimum Competency Criteria (KKM). Keywords: Learning Media, learning outcomes, tajwid

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Fadhil,M.Ag ; 2). Dr. Amaliyah, M.A
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23826 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 05:56
Last Modified: 01 Aug 2024 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47836

Actions (login required)

View Item View Item