PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KETIMPANGAN PEMBANGUNAN 5 PULAU DI INDONESIA TAHUN 2013-2022

IDHA MARTA KURNIA NINGSIH, . (2024) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, INFRASTRUKTUR, DAN JUMLAH PENDUDUK TERHADAP KETIMPANGAN PEMBANGUNAN 5 PULAU DI INDONESIA TAHUN 2013-2022. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, infrastruktur, dan jumlah penduduk terhadap ketimpangan pembangunan pulau-pulau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data panel dari lima pulau terbesar di Indonesia yakni Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua dari tahun 2013 hingga 2022 yang dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel tingkat pendidikan, infrastruktur kemantapan jalan, dan infrastruktur rumah tangga yang mendapat akses listrik PLN berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pembangunan pulau-pulau di Indonesia. Sedangkan variabel jumlah penduduk berpengaruh positif signifikan terhadap ketimpangan pembangunan pulau-pulau di Indonesia. Secara simultan, semua variabel penelitian berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pembangunan pulau-pulau di Indonesia. Pengujian koefisien determinasi pada penelitian ini menunjukkan pengaruh sebesar 99% terhadap ketimpangan pembangunan dan sisanya sebesar 1% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian. ***** This study aims to determine the effect of education level, infrastructure, and population on inter-region development inequality. The research method used in this study is a quantitative approach. The data used in this study are panel data from the five largest regions in Indonesia; Sumatra, Java, Kalimantan, Sulawesi and Papua from 2013 to 2022 which are collected through documentation techniques. The test results show that the variables of education level, road stability infrastructure, and infrastructure of households that have access to PLN electricity have a negative and significant effect on inter-region development inequality. Meanwhile, the total population variable has a significant positive effect on inter-region development inequality. Simultaneously, all research variables have a significant effect on inter-region development inequality. The coefficient of determination test in this study shows a 99% influence on development inequality and the remaining 1% is explained by other variables outside the study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Saparuddin M., M.Si ; 2). Dicky Iranto., SE.,M.SE
Subjects: Ilmu Sosial > Statistik
Ilmu Sosial > Sejarah Ekonomi, Kondisi Ekonomi
Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24165 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 05:35
Last Modified: 01 Aug 2024 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47837

Actions (login required)

View Item View Item