FIRMAN SYAHPUTRA, . (2024) MANAJEMEN LEMBAGA PENGEMBANGAN BAKAT QUR'AN DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI SENI AL QUR'AN DI SMA IT AL QUR'ANIYYAH TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (989kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (976kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan manajamen lembaga pengembangan bakat qur’an tentang perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan evaluasi dalam mengembangkan prestasi seni Al Qur’an siswa di SMA IT Al Qur’aniyyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) perencanaan dalam manajemen pengembangan bakat memiliki kejelasan dan susunan perencanaan yang baik dengan adanya sebuah perencanaan tujuan, langkah-langkah perencanaan, visi misi dan target yang bertujuan untuk mencapai tujuan perencanaan yang sesuai dengan visi dan misi lembaga. 2) pengorganisasian dalam manajemen pengembangan bakat qur’an. Memiliki rancangan pengorganisasian yang baik dan tersusun, dengan adanya sumber daya manusia yang berkompeten dan menguasai bidang seni Al Qur’an, struktur organisasi yang tersusun sesuai dengan kegiatan pengembangan bakat qur’an yang dimiliki, pengorganisasian lembaga yang membuat setiap program kegiatan dan mengkelompokan setiap kegiatan seni Al Qur’an, dan sarana prasarana terdapat sarana prasarana yang memadai, tetapi tidak semua dapat menunjang semua kegiatan. 3) pelaksanaan bahwa dalam manajemen pengembangan bakat dalam proses pelaksanaan terdapat kejelasan dan tersusun dengan baik sesuai dengan perencanaan tujuan dalam manajamen dengan adanya yaitu: jadwal kegiatan yang disusun dengan efektif sesuai dengan jadwal masing-masing pembinaan akan tetapi, masih ada kegiatan yang masih sama dalam satu hari kegiatan tersebut, kegiatan pembinaan yang dimana kegiatan ini dilakukan oleh masing-masing cabang pengembangan bakat seni Al Qur’an. 4) evaluasi bahwa dalam manajemen pengembangan bakat qur’an dalam proses evaluasi terdapat 2 bagian yang dilaksanakan yaitu: evaluasi proses kegiatan, dan evaluasi akhir kegiatan. Yang dimana dari dua evaluasi tersebut terdapat sebuah kejelasan dan tersusun dengan baik dalam proses evaluasi dari evaluasi lembaga pengembangan bakat qur’an tersebut terdapat beberapa proses tahapan dalam evaluasi diantara lain, rapat evaluasi berkala, evaluasi perkembangan, dan evaluasi pengembangan bakat. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Bakat, Seni Al Qur’an/ ****** This research aims to analyze and describe the management of the Qur'an talent development institute regarding planning, implementation, organization, and evaluation in developing students' Qur'anic art achievements at Al Qur'aniyyah Islamic High School. The type of research used is qualitative research with a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out through observation, interviews, and documentation using data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study reveal that: 1) Planning in talent development management has clarity and a good planning structure with a planning of objectives, planning steps, vision, mission, and targets aimed at achieving planning objectives in line with the institute's vision and mission. 2) Organization in Qur'an talent development management has a well-designed and structured organization, with competent human resources who master the field of Qur'anic art, an organizational structure arranged according to the talent development activities, an organization that creates every activity program and groups each Qur'anic art activity, and adequate facilities and infrastructure, though not all can support all activities.3) Implementation in talent development management has clarity and is well-organized according to the management planning objectives, with: an activity schedule arranged effectively according to each coaching schedule, though there are still activities that overlap on the same day, and coaching activities carried out by each branch of Qur'anic art talent development.4) Evaluation in Qur'an talent development management in the evaluation process consists of two parts: process activity evaluation and final activity evaluation. In these evaluations, there is clarity and a well-organized process, with several stages in the evaluation process, including regular evaluation meetings, progress evaluations, and talent development evaluations. Keywords: Management, Talent Development, Qur'anic Art.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Izzatul Mardiah, S.Ag, MA ; 2). Dr. Khairil Ikhsan Siregar, Lc, MA |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 23697 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 05:48 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 05:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47847 |
Actions (login required)
View Item |