PENGEMBANGAN E-MODUL HYPERCONTENT UNTUK MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEMESTER 2 SDN KELAPA DUA 06 PAGI JAKARTA

Daffasyah Zaki Muhammad, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL HYPERCONTENT UNTUK MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEMESTER 2 SDN KELAPA DUA 06 PAGI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER ABSTRAK LEMBAR PENGESAHAN LEMBAR ORIGINALITAS SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III PROSEDUR PENGEMBANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENGEMBANGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN IMPLIKASI DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berupa e-modul hypercontent untuk mata pelajaran IPAS kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta. Pengembangan e-modul hypercontent didasarkan pada analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan. Model ini terdiri dari 4 tahapan utama yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan metode evaluasi formatif dengan melibatkan review ahli, uji coba perorangan, dan kelompok kecil. Penelitian pengembangan ini melibatkan ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran dalam rangka melakukan review dan memberikan saran serta masukan terhadap produk yang dikembangkan dengan metode skala likert. Berdasarkan hasil evaluasi ahli, uji perorangan, dan kelompok kecil, diperoleh berbagai tanggapan positif dari setiap evaluasi dan juga saran perbaikan yang dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas produk. Hasil expert review diperoleh ahli materi sebesar 3,7/4,00 (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 3,65/4,00 (sangat baik), ahli media sebesar 4,54/5,00 (sangat baik). Selanjutnya hasil uji coba perorangan memperoleh nilai 4,0/4,0 (sangat baik) dan uji kelompok kecil 3,86/4,00 (sangat baik). Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk e-modul hypercontent yang dihasilkan sudah bagus dan layak digunakan untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran IPAS. ***** This development research aims to produce a learning product in the form of e-module hypercontent for IPAS subjects class IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta. The development of hypercontent e-modules is based on the analysis of learning needs and goals. This development research is based on the 4D development model of Thiagarajan. The model consists of four main stages, namely the definition stage, the design phase, the development phase and the disseminate phase. Evaluation of this study uses formative evaluation methods involving expert reviews, individual trials, and small groups. This development research involves media experts, material experts, and learning designers in order to review and provide advice and input on products developed using the likert scale method. Based on expert evaluations, individual trials, and small groups, a variety of positive feedback is obtained from each evaluation as well as suggestions for improvements that are used as a reference to improve the quality of the product. The expert review resulted in material experts at 3.7/4.00 (very good), learning designer expert at 3.65/4.00, media expert at 4.54/5.00 (very good). Then the individual test scores 4.0/4,0 (very good) and the small group scores 3.86/4,00 (very good).The results of this development research show that the e-module hypercontent produced is good and deserves to be used to facilitate the learning activities of IPAS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Erry Utomo, M.Ed., Ph.D.; 2). Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 22971 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 23:12
Last Modified: 01 Aug 2024 23:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47880

Actions (login required)

View Item View Item