PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN DI SMKN 25 JAKARTA

SUWANTINI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBANTUAN WORDWALL PADA ELEMEN PENGELOLAAN KEARSIPAN DI SMKN 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi digital dalam era globalisasi dan Revolusi Industri 4.0, serta didukung oleh Kurikulum Merdeka yang meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendekatan intrakurikuler yang bervariasi dan pembelajaran berdiferensiasi, guru diharapkan untuk melakukan inovasi pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan; (2) menganalisis tingkat kelayakan media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan; ; (3) mengetahui tingkat praktikalitas media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada Elemen Pengelolaan Kearsipan. ***** Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Kemudian model desain pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek pada penelitian adalah peserta didik kelas XI Manajemen Perkantoran dengan jumlah sebanyak 40 siswa. Ukuran sampel pada penelitian ini sebanyak 10 peserta didik yang ditentukan dengan metode acak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket/kusioner. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan memperoleh hasil : (1) media pembelajaran media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan berhasil dikembangkan; (2) hasil validasi ahli diketahui bahwa media pembelajaran Google Sites berbantuan Wordwall pada elemen pengelolaan kearsipan sangat layak untuk digunakan dengan memperoleh hasil rerata kelayakan dari ahli materi sebesar 96% dengan kategori “sangat layak” dan ahli media sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”; (3) hasil uji praktikalitas dengan melalui dua tahapan, yaitu uji coba kelompok kecil mencapai persentase kepraktisan sebesar 91% dengan kategori “sangat praktis” dan uji kelompok besar mencapai persentase 95% dengan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Berbantuan Wordwall Pada Elemen Pengelolaan Kearsipan sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. ***** Along with the advancements in digital technology in the era of globalization and the Industrial Revolution 4.0, supported by the Independent Curriculum which enhances the quality of education through varied intradisciplinary approaches and differentiated learning, teachers are expected to innovate with digital-based learning. This research aims to: (1) develop Google Sites-assisted learning media with Wordwall on archival management elements; (2) analyze the feasibility of Google Sites-assisted learning media with Wordwall on archival management elements; (3) determine the practicality level of Google Sites- assisted learning media with Wordwall on archival management elements. The type of research used is Research and Development. The development design model used in this study is the ADDIE model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects in the study are 40 students of class XI Office Management. The sample size in this study is 10 students determined by random sampling method. Data collection techniques in this study include questionnaires. Data analysis is carried out with qualitative and quantitative descriptive analysis. The feasibility of the learning media is assessed by media experts and material experts. Based on the research conducted, the results are: (1) the Google Sites- assisted learning media with Wordwall on archival management elements was successfully developed; (2) the validation results from experts indicated that the Google Sites-assisted learning media with Wordwall on archival management elements is very feasible to use, with a feasibility average from material experts of 96% in the "very feasible" category and from media experts of 92% in the "very feasible" category; (3) the practicality test results through two stages, namely small group trials, reached a practicality percentage of 91% in the "very practical" category and large group trials reached a percentage of 95% in the "very practical" category. Therefore, the research results show that the development of Google Sites-assisted Learning Media with Wordwall on Archival Management Elements is very feasible and very practical to use in learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Corry Yohana, M.M. ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 24357 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:15
Last Modified: 02 Aug 2024 00:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47884

Actions (login required)

View Item View Item