PENGARUH HALAL LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN RESTORAN HOTEL PADA GENERASI MILENIAL

OLGA MAYASARI DEWI, . (2024) PENGARUH HALAL LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN RESTORAN HOTEL PADA GENERASI MILENIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (726kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini di kalangan masyarakat muslim yang menggunakan produk dalam kehidupan sehari-hari, sangat mementingkan atau melihat produk yang berlabel halal. Generasi milenial dikenal karena pemikiran yang kritis, salah satunya terkait dengan halal lifestyle dalam kehidupan sehari-hari. Pemilihan makan dan minum, pakaian dan kosmetik, serta pariwisata termasuk didalamnya. Generasi milenial menerapkan halal lifestyle yang membuat mereka kesulitan untuk memilih restoran hotel yang belum memiliki sertifikat halal. Keputusan pemilihan restoran hotel oleh generasi milenial menjadi penting, mengingat besarnya potensi pasar yang mampu memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen muslim dapat meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh halal lifestyle terhadap keputusan pemilihan restoran hotel pada generasi milenial. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dan pengambilan data pada bulan Juli 2024. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner menggunakan google form. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan purposive sampling sehingga menghasilkan sampel sebanyak 307 responden dengan rentang kelahiran pada tahun 1981-1996. Penelitian ini menunjukkan bahwa halal lifestyle masuk pada kategori tinggi dan keputusan pemilihan restoran hotel masuk pada kategori tinggi. Hasil uji regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh halal lifestyle terhadap keputusan pemilihan restoran hotel dengan p-value sebesar 0.006<0.05. Penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi halal lifestyle maka responden semakin memilih restoran halal dan sebaliknya jika halal lifestyle responden rendah maka semakin buruk keputusan pemilihan restoran hotel. Kata kunci: Generasi milenial, halal lifestyle, keputusan pemilihan restoran hotel ***** Currently, among Muslim people who use products in their daily lives, they attach great importance to or see products that are labeled halal. The millennial generation is known for critical thinking, one of which is related to halal lifestyle in daily life. The selection of food and drink, clothing and cosmetics, and tourism are included. The millennial generation implements a halal lifestyle which makes it difficult for them to choose hotel restaurants that do not have a halal certificate. The decision to choose a hotel restaurant by the millennial generation is important, considering the large market potential that is able to meet the needs and preferences of Muslim consumers can increase competitiveness and customer satisfaction. This study aims to determine the influence of halal lifestyle on the decision to choose a hotel restaurant in the millennial generation. The research method uses an associative quantitative approach and data collection in July 2024. This research was carried out by distributing questionnaires using google forms. The research sample was selected using a non-probability sampling technique with purposive sampling so that it produced a sample of 307 respondents with a birth range of 1981-1996. This study shows that halal lifestyle is in the high category and the decision to choose a hotel restaurant is in the high category. The results of the regression test in this study showed that there was an influence of halal lifestyle on the decision to choose a hotel restaurant with a p-value of 0.006<0.05. This study shows that the higher the halal lifestyle, the more respondents choose halal restaurants and vice versa, if the respondents' halal lifestyle is low, the worse the decision to choose a hotel restaurant. Keywords: Millennial generation, halal lifestyle, hotel restaurant selection decision

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyati, S.Pd., M.Pd ; 2). Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 24355 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2024 00:20
Last Modified: 02 Aug 2024 00:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47944

Actions (login required)

View Item View Item