PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI STEAM PADA MATERI IKATAN KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI SMA

NASYWA FHELIA SALTA, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI STEAM PADA MATERI IKATAN KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan pembelajaran materi ikatan kimia masih kurang optimal dikarenakan kurangnya inovasi pada media pembelajaran. Optimalisasi kegiatan pembelajaran dapat dicapai dengan bantuan media ajar berupa modul elektronik. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Modul Elektronik Berbasis guided inquiry terintegrasi STEAM pada Materi Ikatan Kimia. Metode penelitian modul elektronik yaitu penelitian dan pengembangan model Borg & Gall dengan 9 tahapan yaitu analisis pendahuluan, pengembangan produk, uji validasi modul oleh ahli dengan hasil penilaian ahli materi dan bahasa sebesar 75-95% dengan realibilitas 0,71 dan ahli media 75-100% dengan realibilitas 0,97. Hasil uji coba pada peserta didik dalam skala kecil menunjukkan nilai 68–100% dan setelah direvisi hasil uji coba dalam skala besar menunjukkan nilai 75–100%.uji coba kelayakan oleh guru memperoleh nilai 75-100%. Berdasarkan hasil penilaian, modul yang dikembangkan layak digunakan sebagai media ajar karena menyajikan materi yang akurat, sistematis, dan komponen pendukung sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Multiningsih Nurjayadi, M.Si. 2) Yussi Pratiwi, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nasywa Fhelia Salta .
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:51
Last Modified: 02 Aug 2024 04:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48036

Actions (login required)

View Item View Item