PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS X DI SMAN 75 JAKARTA)

KHAIRUNNISA ALIFAH, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MENTIMETER TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF PADA KELAS X DI SMAN 75 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran Mentimeter terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X SMAN 75 Jakarta. Media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dapat menjadi salah satu upaya untuk menarik minat peserta didik agar terlibat dalam suatu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan menerapkan desain pre-test and post-test control group. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 75 Jakarta dengan populasi kelas X berjumlah 247 peserta didik. Sampel pada penelitian ini berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari dua kelas yaitu, kelas X-C sebagai kelas kontrol dan kelas X-G sebagai kelas eksperimen. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling. Pengambilan data partisipasi belajar dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan berdasarkan nilai signifikansi pada uji independent sample T-test pada post-test kelas eksperimen dan post-test kelas kontrol yang mendapatkan hasil sebesar <0,001 dengan menggunakan signifikansi 0.05 (α=5%), maka <0,001 lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, terdapat pengaruh dari penerapan media Mentimeter terhadap partisipasi belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Adapun besaran pengaruh dihitung berdasarkan standar Cohen’s termasuk ke dalam kategori besar atau large dengan persentase pengaruh sebesar 90%. Kata Kunci: Partisipasi Belajar, Media Pembelajaran, Mentimeter, Pendidikan Pancasila ***** This research aims to examine the effect of Mentimeter learning media on students' learning participation in Pancasila Education subjects in class X SMAN 75 Jakarta. Innovative and interactive learning media can be one of the ways to engage students' participation in learning. This research uses a quantitative approach with the quasi-experimental method by applying a pre-test and post-test control group design. This research was conducted at SMA Negeri 75 Jakarta with a class X population of 247 students. The sample in this study amounted to 64 students consisting of two classes. Class X-C is the control class and class X-G is the experimental class. The sampling technique used is nonprobability sampling with purposive sampling. Learning participation data were collected using a questionnaire instrument. The results of the research obtained conclusions based on the significance value in the independent sample T-test test on the post-test of the experimental class and the post-test of the control class which gets a result of <0.001 using a significance of 0.05 (α = 5%), then <0.001 is smaller than 0.05. Thus, there is an effect of the application of Mentimeter media on learning participation in Pancasila Education learning. The amount of influence calculated based on Cohen's standard is included in the large category or large with a percentage of influence of 90%. Key Word: Learning Participation, Learning Media, Mentimeter, Pancasila Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Raharjo, M.Si. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Khairunnisa Alifah .
Date Deposited: 05 Aug 2024 05:51
Last Modified: 05 Aug 2024 05:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48283

Actions (login required)

View Item View Item