PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR, KESEJAHTERAAN GURU, KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP INTENSI MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NIDA NURKRISTIANINGRUM, . (2024) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR, KESEJAHTERAAN GURU, KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MOTIVASI MENGAJAR TERHADAP INTENSI MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Lampiran dan Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya lulusan mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi yang menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar, kesejahteraan guru, kompetensi kepribadian guru dan motivasi mengajar terhadap intensi menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah 88 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi yang telah melakukan praktik keterampilan mengajar di sekolah. Sampel berjumlah 72 dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Dari hasil uji coba diperoleh bahwa kuesioner tersebut valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil anget kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa variable Keterampilan Mengajar (X1) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Motivasi Mengajar (X4) dengan nilai 0,473 > 0,05. Sedangkan variabel Kesejahteraan Guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Mengajar (X4) dengan nilai 0,030 < 0,05. Variabel Kompetensi Kepribadian Guru (X3) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Mengajar (X4) dengan nilai 0,001 < 0,05. Variabel Keterampilan Mengajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Menjadi Guru (Y) dengan nilai 0,001 < 0,05. Kesejahteraan Guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Menjadi Guru (Y) dengan nilai 0,001 < 0,05. Motivasi Mengajar (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Intensi Menjadi Guru (Y) dengan nilai 0,005 < 0,05. Dari hasil uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001, artinya nilai 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel Keterampilan mengajar (X1), Kesejahteraan Guru (X2), variabel Penggunaan Kompetensi Kepribadian Guru (X3) dan Motivasi Mengajar (X4) secara simultan berpengaruh terhadap variabel Intensi Menjadi Guru (Y). Kata kunci: keterampilan mengajar, kesejahteraan guru, kepribadian guru, motivasi mengajar, niat menjadi guru ***** The problem in this study is the lack of graduates of students majoring in economic education who become teachers. This study aims to determine the effect of teaching skills practice, teacher welfare, teacher personality and teaching motivation on the intention to become a teacher in economic education students at State University Jakarta. This study uses the Path Analysis method. The population in this study were 88 students majoring in Economic Education who had practiced teaching skills in schools. The sample amounted to 72 with proportional random sampling technique. The data collection technique used is a questionnaire by distributing questionnaires via google form. From the test results obtained that the questionnaire is valid and reliable. Then the data collected from the anget results were then analyzed using multiple linear regression. From the results of the analysis it was found that the Teaching Skills Practice variable (X1) had a positive but insignificant effect on Teaching Motivation (X4) with a value of 0.473> 0.05. While the variable Teacher Welfare (X2) has a positive and significant effect on Teaching Motivation (X4) with a value of 0.030 < 0.05. Teacher Personality Variable (X3) also has a positive and significant effect on teaching motivation (X4) with a value of 0.001 < 0.05. The PKM variable (X1) has a positive and significant effect on the Intention to Become a Teacher (Y) with a value of 0.001 <0.05. Teacher Welfare (X2) has a positive and significant effect on Intention to Become a Teacher (Y) with a value of 0.001 <0.05. Teaching Motivation (X4) has a positive and significant effect on Intention to Become a Teacher (Y) with a value of 0.005 <0.05. From the results of the F test, the significance value is 0.001, meaning that the value of 0.001 <0.05, it can be concluded that the PKM variable (X1), Teacher Welfare (X2), the variable Use of Teacher Personality (X3) and Teaching Motivation (X4) simultaneously affect the variable Intention to Become a Teacher (Y). Keyword : teaching skill practice, teacher welfare, teacher personality, teaching motivation, intention to become a teacher

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Profile Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si. ; 2). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24168 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:46
Last Modified: 06 Aug 2024 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48382

Actions (login required)

View Item View Item