RIFKY NOVREZA AHMADANI, . (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN KOMIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. Cover + Surat Publikasi - Daftar Lampiran.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. BAB I.pdf Download (699kB) |
|
Text
03. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB IV-dikompresi.pdf Download (597kB) |
|
Text
06. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) | Request a copy |
|
Text
07. Daftar Pustaka.pdf Download (420kB) |
|
Text
08. Daftar Lampiran + Daftar Riwayat Hidup-dikompresi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
RIFKY NOVREZA AHMADANI. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Komik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Juli, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi larutan penyangga dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan komik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cikarang Utara kelas XI MIPA 4 (N=35) pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi, angket kemampuan berpikir kreatif, wawancara, dan reflektif jurnal. Model pembelajaran berbasis proyek pembuatan komik merupakan model pembelajaran yang berfokus pada peserta didik dalam mengerjakan proyek komik larutan penyangga berdasarkan konsep materi larutan penyangga dengan pendekatan analogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan berpikir lancar pada semua aspek, kemampuan berpikir luwes pada beberapa aspek, kemampuan berpikir orisinal pada beberapa aspek, dan kemampuan berpikir merinci pada beberapa aspek. Kata kunci: Kemampuan Berpikir kritis, Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Komik, Larutan Penyangga. ***** RIFKY NOVREZA AHMADANI. Analysis of Students' Creative Thinking Abilities in Buffer Solution Material Through Project-Based Learning Model of Comic Creation. Thesis. Chemistry Education Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Jakarta. July, 2024. "This study aims to describe the creative thinking abilities of students regarding buffer solution material using a project-based learning model focused on comic creation. The research was conducted at SMA Negeri 1 Cikarang Utara, class XI MIPA 4 (N=35) during the second semester of the 2023/2024 academic year. The research method employed is qualitative, utilizing observation sheets, a creative thinking ability questionnaire, interviews, and reflective journals as instruments. The project-based learning model for comic creation focuses on students working on a comic project about buffer solutions based on the concept of buffer solution material through an analogy approach. The results show that each group demonstrated fluent thinking abilities across all aspects, flexible thinking abilities in some aspects, original thinking abilities in some aspects, and detailed thinking abilities in some aspects." Keywords: Critical Thinking Abilities, Project-Based Learning Model of Comic Creation, Buffer Solution
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Achmad Ridwan, M.Si. 2) Elma Suryani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 24681 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 04:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48425 |
Actions (login required)
View Item |