PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM LATIHAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS KOLABORASI SEKOLAH DAN RUMAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

UTIN SUPARTINI, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM LATIHAN KECAKAPAN HIDUP BERBASIS KOLABORASI SEKOLAH DAN RUMAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Melatih kecakapan hidup pada anak usia dini sangat penting dilakukan untuk mengembangkan kemandirian pada anak, di mana saat ini di sekitar kita masih banyak anak-anak yang belum terbiasa melayani dirinya sendiri dan masih tergantung pada bantuan orang dewasa di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model latihan kecakapan hidup pada anak usia dini sebagai upaya mengatasi kesenjangan pada permasalahan kemandirian anak usia dini. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian pengembangan yang dilakukan di TK Islam El-Fash Kota Tangerang Selatan. Model program pengembangan latihan kecakapan hidup berbasis kolaborasi sekolah dan rumah mengedepankan kerjasama yang konsisten antara pihak sekolah dan orang tua. Model ini dikembangkan menggunakan desain ADDIE. Data penelitian diperoleh dari para guru, orang tua siswa dan siswa usia 5 – 6 tahun di TK Islam El-Fash. Program pengembangan ini disusun dalam sebuah buku panduan yang berjudul Melatih Life Skills Anak Di Sekolah dan Di Rumah yang terdiri dari delapan tema kecakapan hidup dasar yang penting bagi anak yaitu : (1) Tidur tepat waktu sendiri, (2) Mandi dengan benar, (3) Menggosok gigi, (4) Berpakaian, (5) Menyisir rambut, (6) Makan dan minum sendiri, (7) Merapikan mainan, dan (8) Membantu Ayah Bunda.Berdasarkan hasil uji efektivitas yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa program latihan kecakapan hidup berbasis kolaborasi sekolah dan rumah dapat meningkatkan kemandirian pada anak secara signifikan. Kata kunci : kecakapan hidup, kemandirian, kerjasama sekolah dan orang tua ********************************************************** Training life skills in early childhood is very important to develop independence in children, where currently around us there are still many children who are not used to serving themselves and are still dependent on the help of the adults around them. This research aims to develop a model of life skills training for early childhood as an effort to overcome gaps in early childhood independence problems. This research is a development research conducted at El-Fash Islamic Kindergarten, South Tangerang City. The life skills training development program model based on school and home collaboration prioritizes consistent collaboration between the school and parents. This model was developed using the ADDIE design. Research data was obtained from teachers, parents and students aged 5 - 6 years at El-Fash Islamic Kindergarten. This development program is compiled in a guidebook entitled Training Children's Life Skills at School and at Home which consists of eight basic life skills themes that are important for children, namely: (1) Sleeping on time, (2) Bathing properly, (3) ) Brushing teeth, (4) Getting dressed, (5) Combing hair, (6) Eating and drinking alone, (7) Tidying up toys, and (8) Helping parents. Based on the results of the effectiveness test carried out, it can be concluded that the skills training program living based on collaboration between school and home can increase children's independence significantly. Key words: life skills, independence, school and parent cooperation

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1. Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi 2. Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 23925 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:37
Last Modified: 07 Aug 2024 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48487

Actions (login required)

View Item View Item