PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI JENIS DAN KARAKTERISTIK KERAJINAN BAHAN LUNAK DI SMP YASPIA JAKARTA

ALIFIA SAFITRI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATERI JENIS DAN KARAKTERISTIK KERAJINAN BAHAN LUNAK DI SMP YASPIA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (524kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa permainan ular tangga yang menarik digunakan dalam pembelajaran sebagai media latihan soal prakarya materi jenis dan karakteristik kerajinan bahan lunak. Sasaran produk ini adalah siswa kelas VIII di SMP Yaspia Jakarta. Menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pada tahap uji coba dilakukan dengan uji perorangan, uji kelompok kecil. Dilakukan pengisian kuesioner oleh siswa terhadap produk yang digunakan. Tahap uji perorangan mendapatkan hasil 97%, tahap uji kelompok kecil mendapatkan hasil 96% dari penilaian siswa yang telah melakukan uji coba. Hasil uji wilcoxon memperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan post-test dari penggunaan media pembelajaran permainan ular tangga. Hasil dari pengembangan media pembelajaran tersebut menunjukkan bahwa Media pembelajaran permainan ular tangga ini memiliki kelebihan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman menjawab soal dari berbagai sudut pandang. Adapun keterbatasan yang terdapat dalam materi yang disampaikan tidak mencakup seluruh materi yang ada. **** This research is the development of learning media that aims to produce a product in the form of a snake and ladder game that is interesting to use in learning as a medium for practice questions about crafts of soft material types and characteristics of crafts. The target of this product is grade VIII students at Yaspia Junior High School Jakarta. Using research and development methods with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). At the trial stage, it was carried out with individual tests, small group tests. A questionnaire was filled out by students about the products used. The individual test stage gets a result of 97%, the small group test stage gets a result of 96% of the assessment of students who have conducted the trial. The results of the wilcoxon test obtained Asymp results. Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.005 then Ha is accepted and there is a significant difference between the learning outcomes in the pre-test and post-test data from the use of snake and ladder game learning media. The results of the development of the learning media show that this snake and ladder game learning media has advantages to increase student involvement and understanding of answering questions from various perspectives. The limitations contained in the material presented do not cover all existing materials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hamiyati, M.Si ; 2). Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 24881 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:37
Last Modified: 06 Aug 2024 04:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48735

Actions (login required)

View Item View Item