MIA RASYIDA RAZAQ, . (2024) HUBUNGAN PEMAHAMAN UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DENGAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK (STUDI KUANTITATIF DI KELAS VIII SMPN 62 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman UU ITE dengan keterampilan berkomunikasi pada peserta didik. Komunikasi merupakan proses menyampaikan pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan tujuan untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik secara langsung maupun tidak langsung. Berkomunikasi yang baik saat ini dapat dilakukan dengan selalu menjunjung sikap yang baik, menggunakan bahasa yang baik dan benar, menghindari penyebaran SARA, selalu memeriksa kebenaran informasi yang disebarkan, dan menghargai hasil karya orang lain, serta menjaga privasi pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuesioner dan menggunakan analisis korelasi koefisien product moment. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 74 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 62 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara pemahaman UU ITE dengan keterampilan berkomunikasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 62 Jakarta. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t yaitu sebesar 2.111 dan nilai signifikansi sebesar 0,038. Nilai signifikansi 0,038 < 0,05 dan t hitung (2.111) > t tabel (1,993). Berdasarkan uji r2 menghasilkan nilai sebesar 5,8% yang berarti bahwa pemahaman UU ITE pada peserta didik memiliki hubungan sebesar 5,8% dengan keterampilan berkomunikasi pada peserta didik. ***** This research aims to determine the relationship between understanding the ITE Law and communication skills in students. Communication is the process of conveying a message by a person to another person with the aim of informing and changing attitudes, opinions, or behaviors either directly or indirectly. Good communication today can be done by always upholding a good attitude, using good and correct language, avoiding the spread of SARA, always checking the truth of the information disseminated, and respecting the work of others, as well as maintaining personal privacy. This research uses a quantitative approach with a questionnaire method and uses product moment coefficient correlation analysis. The sampling technique in this study uses a simple random sampling technique with a total of 74 respondents in grade VIII of SMP Negeri 62 Jakarta. The results of this study show that there is a relationship between the understanding of the ITE Law and communication skills in grade VIII students of SMP Negeri 62 Jakarta. This is shown from the results of the t-test, which is 2,111 and a significance value of 0.038. The significance value is 0.038 < 0.05 and t count (2,111) > t table (1.993). Based on the r2 test, it produced a score of 5.8%, which means that the understanding of the ITE Law in students has a relationship of 5.8% with communication skills in students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Nadiroh,M.Pd. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, SH., MH. |
Subjects: | Hukum > Hukum (Umum) Pendidikan > Psikologi Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Users 25111 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 01:37 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 01:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49031 |
Actions (login required)
View Item |