EVALUASI KINERJA GURU PENGGERAK DI KOTA SORONG

Kadir, Aswin Anwar Abdul (2024) EVALUASI KINERJA GURU PENGGERAK DI KOTA SORONG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CAVER (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (500kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Kurikulum di Indonesia termasuk program dan kegiatan pendidikan terkait sering kali berganti setiap periodenya mengikuti masa kerja Menteri pendidikan yang menjabat. Perubahan tujuan dan kebijakan pendidikan yang sering terjadi di Indonesia memberikan dampak yang cukup besar bagi para pelaku pendidikan terutama pada guru. Guna mempersiapkan guru dalam menjalankan kurikulum Merdeka, pemerintah menyelenggarakan suatu program pengembangan bagi guru, yakni Program Guru Penggerak. Program ini ditujukan bagi seluruh guru yang ada di Indonesia dengan harapan dapat meningkatkan kualitas guru dimanapun mereka berada. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru yang telah mengikuti Program Guru Penggerak. Kinerja guru penggerak dinilai berdasarkan 3 indikator utama, yakni penyelenggaraan pendidikan yang mendidik, bekerja sama dengan peserta didik dalam pengalaman belajar, dan kepemimpinan yang positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi sehingga dalam penjabarannya peneliti menggunakan Descrepancy Evaluation Model (DEM). Data penelitian diperoleh dari sumber data, yakni 36 guru penggerak, 72 rekan sejawat, 72 peserta didik dan 20 kepala sekolah yang terdiri dari berbagai Tingkat pendidikan, yakni SD, SMP, dan SMA/SMK. Selain untuk mengidentifikasi kinerja guru, hasil yang didapatkan diharapkan dapat menjelaskan dampak dari Program Guru Penggerak terhadap warga sekolah yang tercermin dalam kinerja guru penggerak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kinerja guru penggerak memiliki peningkatan kualitas dalam penyelenggaraan pembelajaran, pengembangan kompetensi diri dan sosial. Dalam penyelenggaraan pembelajaran, setiap tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dilakukan dengan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan disesuaikan dengan standar yang diberlakukan dalam kurikulum yang digunakan. Guru penggerak juga mampu bekerjasama dengan peserta didik dalam kegiatan pendidikan dengan selalu melibatkan peserta didik. Sehingga pembelajaran yang diterapkan mencerminkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Selanjutnya, guru mulai aktif berpartisipasi dalam menjadi pemimpin pembelajaran. Interaksi antara guru, siswa dan, rekan sejawat dan pimpinan terlihat sangat humanis dan saling mendukung dalam menciptakan, mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Secara keseluruhan, kualitas yang dimiliki guru dan pengalaman yang diperoleh guru dalam Program Guru Penggerak memberi dampak positif tidak hanya pada individu guru pribadi, tetapi juga pada warga sekolah lain, seperti rekan sejawat, peserta didik, dan sekolah. Kata kunci: evaluasi, kinerja, guru penggerak, Program Guru Penggerak ABSTRACT The curriculum in Indonesia, including related educational programs and activities, often changes with each period following the tenure of the Minister of Education in office. The frequent changes in educational goals and policies in Indonesia have a significant impact on educational practitioners, especially teachers. To prepare teachers for implementing the Merdeka curriculum, the government has organized a development program for teachers, called the Guru Penggerak Program. This program is aimed at all teachers in Indonesia with the hope of improving the quality of teachers wherever they are.This study aims to evaluate the performance of teachers who have participated in the Guru Penggerak Program. The performance of the Guru Penggerak is assessed based on three main indicators: the provision of educational learning, collaboration with students in learning experiences, and positive leadership. The method used in this research is descriptive qualitative, utilizing observation, interviews, and questionnaires. This is an evaluation study, so the researcher uses the Discrepancy Evaluation Model (DEM) in its description. Research data was obtained from data sources, namely 36 Guru Penggerak, 72 colleagues, 72 students, and 20 school principals from various educational levels, namely elementary, middle, and high school/vocational high school. Besides identifying teacher performance, the results obtained are expected to explain the impact of the Guru Penggerak Program on the school community as reflected in the performance of the Guru Penggerak.Based on the research results, it is concluded that the performance of the Guru Penggerak shows quality improvement in the provision of learning, and personal and social competencies development. In the provision of education, each stage from planning, implementation, and assessment is carried out based on the needs and characteristics of students and adjusted to the standards applied in the curriculum used. Guru Penggerak can also collaborate with students in educational activities by always involving students. Thus, the learning applied reflects student-centered learning. Furthermore, teachers are beginning to actively participate in becoming learning leaders. The interaction between teachers, students, colleagues, and leaders is very humane and mutually supportive in creating, developing, and improving the quality of education in schools. Overall, the quality possessed by teachers and the experiences gained by teachers in the Guru Penggerak Program has a positive impact not only on the individual teachers themselves but also on other school community members, such as colleagues, students, and the school as a whole. Keywords: evaluation, performance, Guru Penggerak Program

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr.Samsudin,M.Pd 2). Dr.Oman Unju Subandi,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 23899 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:10
Last Modified: 08 Aug 2024 02:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49382

Actions (login required)

View Item View Item