PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PENULISAN LAPORAN EVALUASI PENYELENGGARA DIKLAT DI BPSDM DKI JAKARTA

SYFA AZMI RENI SEPTIANI, . (2024) PENGEMBANGAN BUKU PEDOMAN PENULISAN LAPORAN EVALUASI PENYELENGGARA DIKLAT DI BPSDM DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Sampul.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan untuk menciptakan suatu sumber belajar berupa buku pedoman yang dapat memfasilitasi belajar, khususnya tim penulis laporan evaluasi dalam membuat laporan evaluasi penyelenggara diklat. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan bahan ajar mandiri yang dirancang oleh Rowntree. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan tiga tahapan besar, yakni perencanaan, persiapan penulisan, serta penulisan dan penyuntingan tanpa melaksanakan langkah ke-7 pada tahap kedua, yakni langkah merumuskan bentuk fisik. Evaluasi yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari review oleh ahli dan uji coba one to one yang melibatkan seorang ahli materi, seorang ahli media, serta dua orang pengguna. Skor yang diperoleh dari ahli materi adalah 98.18% (sangat baik), selanjutnya skor yang diperoleh dari ahli media adalah 88% (sangat baik). Selanjutnya, rata-rata skor yang diperoleh dari uji coba one to one sebesar 95,62 (sangat baik). Berdasarkan skor yang diperoleh dari review oleh ahli serta uji coba one to one, buku pedoman yang telah dikembangkan dinilai sangat baik dan layak digunakan sebagai fasilitas belajar yang dapat digunakan secara mandiri dalam menyusun laporan evaluasi penyelenggar diklat. kata kunci: Buku Pedoman, Laporan Evaluasi , Model Rowntree, Pengembangan, penyelenggara diklat. ***** This research development aimed to create a learning resource in the form of a handbook that can facilitate learning, particularly for report writers in preparing evaluation reports of training organizers. This research development adapted the Rowntree product-oriented model. The research was conducted by applying three major stages: planning, writing preparation, and writing and editing without implementing step 7 in the second stage, which is outlining the physical form. The evaluation conducted in this research consisted of expert reviews and one-to-one testing involving a subject matter expert, a media expert, and two users. The scores obtained from the subject matter expert were 98.18% (very good), followed by the scores from the media expert, which were 88% (very good). Additionally, the average score from the one-to-one testing was 95.62 (very good). Based on the scores obtained from the expert reviews and one-to-one testing, the handbook developed was evaluated as very good and suitable for use as a learning resource that can be used independently in preparing evaluation reports of training organizers. Kata Kunci: Handbook, Evaluation Report, Rowntree Model, Development, Training Organizer

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Diana Ariani, S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. R.A. Murti Kusuma W.S.IP, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 23254 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:57
Last Modified: 12 Aug 2024 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49584

Actions (login required)

View Item View Item