EFEKTIVITAS MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENINGKATAN FORGIVENESS PADA INDIVIDU YANG MENGALAMI PEMUTUSAN HUBUNGAN ROMANTIS

QURROTA AINI, . (2020) EFEKTIVITAS MENULIS EKSPRESIF TERHADAP PENINGKATAN FORGIVENESS PADA INDIVIDU YANG MENGALAMI PEMUTUSAN HUBUNGAN ROMANTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Kover, Abstrak, dll.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas menulis ekspresif terhadap peningkatan forgiveness pada individu yang mengalami pemutusan hubungan romantis. Forgiveness diukur dengan skala Transregression-Related Interpersonal Motivation (TRIM). Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain penelitian Non-Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan instruksi menulis ekspresif dan pada kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan apapun. Partisipan merupakan 36 individu pada usia dewasa awal dengan rentang usia 18-23 tahun yang telah mengalami pemutusan hubungan romantis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan menunjukkan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari α=0,05 sehingga kegiatan menulis ekspresif efektif dalam meningkatkan forgiveness pada individu setelah adanya pemutusan hubungan romantis. This study aims to determine the effectiveness of expressive writing on increasing forgiveness in individuals experiencing termination of romantic relationship. Forgiveness is measured by the Transregression-Related Interpersonal Motivation (TRIM) scale. This research uses quasi-experimental method with the research design of Non-Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. The experimental group was given expressive writing instruction treatment and the control group was not given any treatment. Participants are 36 early adulthood persons with an age range of 18-23 years who have been experiencing termination of romantic relationship. Hypothesis test results using the paired sample t-test showed sig. (2-tailed) of 0,000 smaller than α = 0,05 therefore expressive writing activities are effective on increasing forgiveness in individuals experiencing termination of romantic relationship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.phil. Zarina Akbar, M.Psi 2). Irma Rosalinda, M.Si
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 822 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2020 12:18
Last Modified: 08 Apr 2020 12:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item