PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE, KREATIVITAS, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMK

RADITA DAYANG KARUNI, . (2024) PENGARUH MEDIA SOSIAL YOUTUBE, KREATIVITAS, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (588kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media sosial youtube, kreativitas, dan teman sebaya terhadap kemandirian belajar. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/I SMK Negeri 48 Jakarta Timur dengan program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis atau Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling probabilitas Stratified Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode survey. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis data dilakukan dengan bantuan software statistic Smart Partial Least Square Path Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel media sosial youtube terhadap kemandirian belajar siswa, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kreativitas terhadap kemandirian belajar siswa, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel teman sebaya terhadap kemandirian belajar siswa. Diharapkan bagi sekolah dapat menjadikan media sosial youtube sebagai sarana pembelajaran untuk siswa yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Serta sebagai bahan masukan untuk sekolah agar dapat membentuk kelas yang interaktif dalam pembelajaran. ***** This research aims to test the effect of youtube social media, creativity, and peers on learning independence. This research design uses quantitative descriptive research methods. The population in this study were students of SMK Negeri 48 Jakarta Timur with the Office Management and Business Services or Office Management Automation skills program. The sampling technique uses probability sampling techniques Stratified Sampling. The data collection technique in this research uses a survey method. The data used is primary data in the form of questionnaires distributed to respondents. The data analysis method is carried out with the help of statistical software Smart Partial Least Square Path Modeling (PLS-SEM) using SmartPLS 4.0. The results of this study indicate: 1) there is a positive and significant influence between YouTube social media on student learning independence, 2) there is a positive and significant influence between creativity on student learning independence, 3) there is a positive and significant influence between peer on student learning independence. It is expected that schools can make YouTube social media as a learning tool for students that can increase student learning independence. As well as input for schools to form interactive classes in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak. ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 25197 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2024 01:49
Last Modified: 14 Aug 2024 01:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49879

Actions (login required)

View Item View Item