KUSNUL AGUSTIN, . (2024) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN MATERI TANDA BACA DENGAN MENGGUNAKAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIK TOK (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (582kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran untuk materi tanda baca dengan menggunakan konten media sosial Tik Tok di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta.Penelitian ini dilakukan agar pembelajaran menjadi inovatif, interaktif dan efektif untuk memudahkan pembaca untuk menentukan intonasi, memberi jeda antarkalimat, serta mengetahui struktur tulisan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap 28 mahasiswa angkatan 2022 di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, sebanyak 100% atau 28 mahasiswa mengakui bahwa mereka setuju dan membutuhkan media pembelajaran untuk pelajaran materi tanda baca dengan menggunakan konten media sosial Tik Tok. Pada perancangan produk media, ditetapkan referensi materi tanda baca melalui buku "altaqrib waljala' limuhimaat qawaeid al'iimla'i". Kemudian, materi dipilih dari dua belas tanda baca di buku tersebut untuk digunakan sebagai materi konten Tik Tok, yaitu: koma/jeda ( , ), titik koma (;), titik (.) dan titik dua (:), tanda tanya (?), tanda hubung (-), dan dua tanda hubung (- -), dan tanda seru (!), tanda petik (“ “), tanda kurung( ), dan tanda kurung siku [ ], dan tanda elips (...). Selanjutnya, dilakukan pembuatan storyboard untuk menggambarkan konsep konten media. Setelah desain produk media, langkah berikutnya adalah pengembangan produk media. Pengembangan produk media dimulai dengan membuat akun, merekam video, mengedit video, dan mengunggahnya ke akun Tik Tok "QowaidulImla1” dan media diuji oleh para ahli.Hasil evaluasi dari ahli materi pendidikan dengan nilai "sangat layak" sebesar 92%, hasil evaluasi dari ahli metode dengan nilai "sangat layak" sebesar 94%, dan hasil evaluasi dari siswa dengan nilai "sangat layak" sebesar 83,4%, dengan demikian, penggunaan metode pendidikan dengan menggunakan konten media sosial TikTok untuk mengajarkan bahasa Arab sangat layak digunakan, khususnya pada materi tanda baca. Kata kunci: Alat Pembelajaran, Tanda Baca, TikTok. *****ABSTRACT*****This study aims to design and develop learning media for punctuation material using Tik Tok social media content in the Arabic Language Education Study Program at State University of Jakarta. This research is conducted so that learning becomes innovative, interactive and effective to make it easier for readers to determine intonation, pause between sentences, and know the structure of writing.The research method used is the development research method with the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation.Based on the results of the needs analysis of 28 students of class 2022 in the Arabic Language Education study program at State University of Jakarta, 100% or 28 students admitted that they agreed and needed learning media for punctuation lessons using Tik Tok social media content.In the design of media products, reference punctuation material is determined through the book “altaqrib waljala' limuhimaat qawaeid al'iimla'i”. Then, the material was selected from twelve punctuation marks in the book to be used as Tik Tok content material, namely: comma / pause (,), semicolon (;), period (.) and colon (:) question mark (?), hyphen (-), and two dashes (- -), and exclamation mark (!), quotation marks (” ”), parentheses ( ), and square brackets [ ], and ellipses (...). Next, a storyboard was created to illustrate the concept of media content.After media product design, the next step is media product development. Media product development begins with creating an account, recording videos, editing videos, and uploading them to the Tik Tok account “QowaidulImla1” and the media is tested by experts.The result of the evaluation of the educational materials expert with a value of "very decent" by 92%, the result of the evaluation of the method expert with a value of "very decent" by 94%, and the result of the evaluation of the students with a value of "very decent" by 83.4%, thus, the use of the educational method using TikTok social media content to teach the Arabic language is very decent, especially in the subject of punctuation.Keywords: Instructional Tool, Punctuation, TikTok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. ; 2) Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 24814 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:53 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50061 |
Actions (login required)
View Item |