NINDIYA SUHAERANI, . (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (555kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (264kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (146kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nindiya Suhaerani, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd dan Dr. Aris Sunawar, M.T. Penelitian ini didasarkan pada minimnya penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran, padahal pengoperasiannya terbilang cukup mudah. Sebagian dosen tetap mempertahankan untuk menggunakan media pembelajaran konvensional, sedangkan mengacu pada karakteristik pembelajaran abad 21 tentang pemanfaatan teknologi dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Gambar Teknik terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan desember 2019 dan januari 2020. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan posttest only control group design. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan 30 mahasiswa sebagai sampel. Kelompok Eksperimen melakukan pembelajaran menggunakan media Google Classroom, sedangkan Kelompok Kontrol menerapkan pembelajaran menggunakan media konvensional. Intrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 19 soal untuk mengukur hasil belajar Gambar Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pegaruh positif yang terlihat dari perbedaan hasil belajar yang signifikan pada mahasiswa Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol dengan nilai thitung > ttabel (4,096 > 2,048) dan nilai signifikasi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran gambar teknik dengan bantuan media Google Classroom memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Kata kunci. Google Classroom, Hasil Belajar, Gambar Teknik ABSTRACT Nindiya Suhaerani, The Effects of Using Google Classroom Media Education in Technical Drawing on Learning Outcomes at Electrical Engineering and Educaton, State University of Jakarta. Skripsi Supervisor: Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd dan Dr. Aris Sunawar, M.T. Research is based on minimal use of Google Classroom as a medium, and is quite easy to operate. Some teachers keep learning to use conventional media, while referring to the characteristics of the century 21 the use of technology and information. The study aims to determine the effect of using Google Classroom in technical drawing learning on learning outcomes of Electrical Engineering and Education students at State University of Jakarta. This research was conducted on december 2019 to january 2020. The research method used was quasi experiment with posttest only control group design. The sampling technique used in this study was nonprobability sampling with 30 students as samples. The experimental class conducts learning using Google Classroom media education, while the control class applies learning using convensional media. The research instrument used was a multiple choice test of 19 quetions to measure learning outcomes. The results showed that there were significant differences in learning outcomes in the experimental class and control class with the value of thitung > ttabel (4,096 > 2,048) and the value of the significance is 0,05. So it can be concluded that technical drawing with the help of Google Classroom media has a positive influence on student learning outcomes. Keywords. Google Classroom, Learning Outcomes, Technical Drawing
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd 2). Dr. Aris Sunawar, M.T |
Subjects: | Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 1629 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 14:26 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 14:26 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5020 |
Actions (login required)
View Item |