PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA COUNT BOOK PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS IV DI SLBN 7 JAKARTA

RAHMADINA ROSYADA KAHFIANI, . (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA COUNT BOOK PADA PESERTA DIDIK HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS IV DI SLBN 7 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN_19_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan peserta didik hambatan intelektual pada mata pelajaran matematika khususnya pada berhitung penjumlahan 2 angka dengan 2 angka hasilnya sampai dengan 30 di kelas IV Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 7 Jakarta melalui media Count Book. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang peserta didik dengan hambatan intelektual ringan. Design penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif untuk menghitung hasil pre-test dan post-test dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat bantu media Count Book dapat meningkatkan proses dan hasil belajar kemampuan berhitung penjumlahan pada peserta didik hambatan intelektual kelas IV SLBN 7 Jakarta. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan rata-rata siklus I sebesar 16,6% dari rata-rata kemampuan awal 40 menjadi 56,6 dilakukan dengan tindakan menjelaskan konsep penjumlahan, nilai tempat, penggunaan alat bantu media Count Book, dan demonstrasi penggunaan media Count Book. Pada siklus II adanya peningkatan rata-rata sebesar 26,7% dari 56,6 menjadi 83,3. ***** This study aims to improve the ability to count the addition of students with intellectual disabilities in mathematics subjects, especially in counting the addition of 2 numbers with 2 numbers up to 30 in class IV of Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 7 Jakarta through Count Book media. The subjects in this study were 3 students with mild intellectual disabilities. The design of this research is classroom action research (PTK) using the Kemmis and Mc Taggart model which includes planning, implementation and observation, and reflection. Data collection techniques using tests, observation, and documentation. The data analysis technique used was quantitative data analysis to calculate the pre-test and post-test results and qualitative data analysis. The results of this study indicate that Count Book media tools can improve the process and learning outcomes of addition counting skills in students with intellectual disabilities in class IV SLBN 7 Jakarta. This can be proven by an increase in the average of cycle I by 16.6% from the average initial ability of 40 to 56.6 carried out with the action of explaining the concept of addition, place value, the use of Count Book media aids, and demonstration of the use of Count Book media. In cycle II, there was an average increase of 26.7% from 56.6 to 83.3.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc. ; 2). Dr. Irah Kasirah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 23005 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2024 23:19
Last Modified: 20 Aug 2024 23:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50380

Actions (login required)

View Item View Item