PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KELAPA DUA WETAN

SALSABILA AZZAHRA, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN KELAPA DUA WETAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas V SD. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kelapa Dua Wetan 02, Jakarta Timur sebanyak 54 orang. Pengambilan sampel menggunakan Teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Post test only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa 7 butir soal uraian yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Kedua kelompok tersebut memperoleh thitung sebesar 2,321 adapun harga ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 52 adalah sebesar 2,006. Oleh karena itu harga thitung lebih dari harga ttabel (2,321 > 2,006) artinya H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA kelas V SD. Oleh sebab itu guru perlu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan kemampuan berpikir kreatif dalam konteks pembelajaran IPA dengan melibatkan peserta didik secara aktif saat belajar di dalam kelas salah satunya dengan model pembelajaran SAVI. ************ This experimental research aims to determine the effect of implementing the SAVI learning model on the creative thinking abilities of fifth grade elementary school students. The sample in this research was 54 class V students at SDN Kelapa Dua Wetan 02, East Jakarta. Sampling used simple random sampling technique. The method used is an experiment with a posttest only control design research design. Data collection was carried out using a test instrument in the form of 7 descriptive questions whose validity and reliability have been tested. Posttest data from the experimental class and control class were analyzed using the normality test, homogeneity test and t-test. Both groups obtained a tcount of 2.321, while the ttable value at the significance level α = 0.05 and dk = 52 was 2.006. Therefore, the tcount value is more than the ttable price (2.321 > 2.006), meaning that H0 is rejected and H1 is accepted, so it can be concluded that there is a positive and significant influence from the use of the SAVI model on creative thinking abilities in fifth grade elementary school science learning. Therefore, teachers need to create a learning environment that supports the development of creative thinking skills in the context of science learning by actively involving students when studying in the classroom, one of which is the SAVI learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23230 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:54
Last Modified: 27 Aug 2024 03:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50609

Actions (login required)

View Item View Item