ADINDA RIZKI TRI PRATIWI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA DIGITAL “BUCETA” (BUKU CERITA TOLERANSI AGAMA) UNTUK MENSTIMULASI PERILAKU TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (618kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (581kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran yaitu buku cerita digital dengan judul “Toleransi dan Puasa” yang ditunjukkan untuk menstimulasi perilaku toleransi beragama pada anak usia 5 – tahun. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang memiliki tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Adapun tahap uji coba dalam penelitian ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, 2 pendidik dan juga melibatkan anak usia 5 – 6 tahun yang berjumlah 7 anak. Berdasarkan hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi, mendapatkan nilai persentase sebesar 77% dan penilaian dari ahli media sebesar 85%, dengan didukung penilaian dari pendidik sebesar 95%. Dan pada uji coba yang dilakukan dengan 2 kali percobaan dengan melibatkan 7 anak memberikan hasil bahwa dalam hasil uji coba anak dalam tahap pertama mendapatkan hasil dengan jumlah sebesar 88%, dan uji coba kedua memperoleh hasil sebesar 94%. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, pendidik dan juga uji coba yang dilakukan kepada anak memberikan hasil bahwa media tersebut dapat dikategorikan bahwa media buku cerita digital dengan judul “Puasa dan Toleransi” sangat layak dapat digunakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif. Hal ini juga didukung dengan adanya umpan balik yang diberikan oleh anak dengan memberikan pemahaman baru melalui cerita pada pengalaman kehidupan sehari – hari anak. ********** This research was conducted to produce learning media development products, namely digital storybooks with the title "Tolerance and Fasting" which are shown to stimulate religious tolerance behavior in children aged 5 - years. The development model used in this research is the ADDIE development model which has stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The trial stage in this study was carried out by material experts, media experts, 2 educators and also involved children aged 5-6 years totaling 7 children. Based on the results of the assessment given by the material expert, getting a percentage value of 77% and an assessment from the media expert of 85%, supported by an assessment from the educator of 95%. And in the trial conducted with 2 trials involving 7 children, the results showed that in the results of the children's trials in the first stage obtained results with a total of 88%, and the second trial obtained results of 94%. Based on the results of the assessment by material experts, media experts, educators and also trials conducted with children, the results show that the media can be categorized that the digital storybook media with the title "Fasting and Tolerance" is very feasible to be used as an innovative learning media. This is also supported by the feedback given by children by providing new understanding through stories on children's daily life experiences.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yasmin Faradiba, M.Pd. ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 25649 not found. |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 00:45 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 00:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50679 |
Actions (login required)
View Item |