GHERENNITA OCTAVIANI DEWI, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (776kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Problem Based Learning pada Energi dan Perubahannya untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Analisis kebutuhan dilaksanakan di SDN Setiabudi 01. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat 5 tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan,implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Responden dalam pengembangan ini adalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, dan peserta didik Kelas IV SDN Setiabudi 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Problem Based Learning pada Energi dan Perubahannya di Kelas IV Sekolah Dasar dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari nilai ratarata menurut para ahli sebesar 91.2%, dan kuesioner peserta didik sebesar 84.42%. Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Problem Based Learning pada Energi dan Perubahannya di Kelas IV Sekolah Dasar ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran muatan IPA pada materi energi dan perubahannya.**** This research aims to develop products of Audiovisual Learning Media on Problem Based Learning at Class IV in Setiabudi 01 Elementary School. The research method used the research and development (R&D) with the ADDIE development model. There are 5 stages carried out in this development, namely the analysis stage, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques use interviews and questionnaires. The respondents in this development with material expert lecturer, media expertlecturer, language expert lecturer, and Class IV students at Setiabudi 01 Elementary School. The research result showed that the learning media android application is considered very good rated, this can be seen from the average score according to experts of 91.2%, and the student questionnaire of 84.42%. Audiovisual Learning Media on Problem Based Learning at Class IV in Setiabudi 01 Elementary School is included in the very good criteria, so it is suitable for science education about energy and transformation of energy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 24645 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 23:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 23:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50853 |
Actions (login required)
View Item |