PENGARUH KELOMPOK SEBAYA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP INTENSI KEWIRAUSAHAAN GENERASI Z: PERAN MEDIASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA KOMUNITAS #UANGKITA KEMENKEU)

EVILIA NUR FADILAH, . (2024) PENGARUH KELOMPOK SEBAYA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP INTENSI KEWIRAUSAHAAN GENERASI Z: PERAN MEDIASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (STUDI PADA KOMUNITAS #UANGKITA KEMENKEU). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (583kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh kelompok sebaya dan literasi ekonomi terhadap intensi kewirausahaan Generasi Z dengan peran mediasi penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anggota #KomunitasUangkita (Komunita) dengan menggunakan metode purposive sampling. Data penyebaran ini diperoleh melalui penyebaran kuisioner google form melalui Telegram dan Whatapps. Pengolahan data penelitian ini menggunakan SmartPLS 3. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kelompok sebaya dan penggunaan media sosial memiliki pengaruh positif terhadap intensi kewirausahaan. Kelompok sebaya memiliki pengaruh positif terhadap penggunaan media sosial. Literasi ekonomi tidak memiliki pengaruh terhadap intensi kewirausahaan ataupun penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial berperan dalam memediasi pengaruh kelompok sebaya terhadap intensi kewirausahaan. Penggunaan media sosial tidak berperan dalam memediasi pengaruh literasi ekonomi terhadap intensi kewirausahaan Generasi Z. Kata kunci: Kelompok Sebaya, Literasi Ekonomi, Penggunaan Media Sosial, Intensi Kewirausahaan ***** The purpose of this study is to examine the influence of peer groups and economic literacy on Generation Z entrepreneurial intentions with the mediating role of social media use. This research uses quantitative methods with primary data. The data used in this study are #KomunitasUangkita (Komunita) members using purposive sampling method. This distribution data was obtained through distributing google form questionnaires via Telegram and Whatapps. The analysis technique used in this research is the Structural Equation Model (SEM) based on Partial Least Square (PLS). Based on the results of this study indicate that: Peer groups and social media usage have a positive influence on entrepreneurial intentions. Peer groups have a positive influence on the use of social media. Economic literacy has no influence on entrepreneurial intentions or the use of social media. The use of social media plays a role in mediating the influence of peer groups on entrepreneurial intentions. The use of social media does not play a role in mediating the effect of economic literacy on Generation Z entrepreneurial intentions. Keywords: Peer Group, Economic Literacy, Social Media Use, Entrepreneurial Intention

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I.,S.Pd.,M.Pd. ; 2). Dr. Karuniana Dianta A. S., S.IP.,M.E.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 25670 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2024 05:26
Last Modified: 11 Sep 2024 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50879

Actions (login required)

View Item View Item