PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CICURUG (PENELITIAN SURVEI)

RIA ROSDIANA, . (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CICURUG (PENELITIAN SURVEI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (763kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN dan DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif berdasarkan pengalaman peserta didik serta guru dalam bentuk presentasi dan deskripsi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi SD Negeri se-Kecamatan Cicurug dan sampel peserta didik kelas V SDN Sindangpalay serta SDN Lebak Pasar. Data yang dikumpulkan dari angket dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Sindangpalay dan SDN Lebak Pasar merasa kesulitan dalam materi pembelajaran IPAS dengan presentase tertinggi 86,4% sejumlah 95 peserta didik dari 110 peserta didik. Peserta didik menyatakan sebesar 50.9% bahwa biasanya dalam pembelajaran IPAS menggunakan media pembelajaran gambar ataupun video dengan bantuan teknologi proyektor, kadang juga hanya menggunakan buku paket. Sejumlah 97.3% peserta didik tertarik pada media pembelajaran berbasis andoid (produk aplikasi), 99.1% anak menyatakan media pembelajaran ini akan mempermudah belajar, dan 98.2% bisa menggunakannya jika sebelumnya ada arahan dari guru. ***** This study aims to determine the use of interactive multimedia learning media based on the experience of students and teachers in the form of presentations and descriptions. The research method used is descriptive quantitative research with a population of public elementary schools in Cicurug sub-district and samples of fifth grade students of SDN Sindangpalay and SDN Lebak Pasar. Data collected from questionnaires and interviews were then analyzed using descriptive statistical methods. The results of this study are fifth grade students of SDN Sindangpalay and SDN Lebak Pasar feel difficulties in IPAS learning material with the highest percentage of 86.4% of 95 students out of 110 students. Learners stated by 50.9% that usually in learning IPAS using learning media images or videos with the help of projector technology, sometimes also only using package books. A total of 97.3% of students are interested in andoid-based learning media (application products), 99.1% of children stated that this learning media will make learning easier, and 98.2% can use it if previously there was direction from the teacher.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anggit Aruwiyantoko, M.Pd; 2). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25694 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:06
Last Modified: 11 Sep 2024 01:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50897

Actions (login required)

View Item View Item