PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA 1 CAWANG BARU

AISAH AMILIA, . (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA 1 CAWANG BARU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AISAH AMILIA_1709618045_SKRIPSI BARU.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (278kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Efikasi Diri dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMA 1 Cawang Baru. Metode yang digunakan adalah metode survei. Teknik pemilihan responden menggunanakan Sampel Jenuh dengan populasi terjangkau dan sampel sebanyak 73 siswa. Responden yang diteliti dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 12 SMA 1 Cawang Baru. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji F dan Uji t. Berdasarkan perbandingan F-hitung dan F-tabel menggunakan tabel ANOVA, diperoleh nilai F-Hitung > F-tabel = 37,971 > 3,13. Artinya, terdapat pengaruh secara bersamaan antara Efikasi Diri (X1) dan Lingkungan Sekolah (X2) Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Y). Hasil uji t untuk Efikasi Diri t-hitung > t-tabel = 5,386 > 1,99444, dan Lingkungan Sekolah t-hitung > t-tabel = 3,088 > 1,99444. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri (X1) terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Y) dan terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Sekolah (X2) terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi (Y). Analisis Koefisien Determinasi (R2) dengan hasil sebesar 0,520 yang bermakna 52% bereabilititas variabel Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi dapat dijelaskan oleh Efikasi Diri dan Lingkungan Sekolah. Sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. ***************************************** This study aims to determine the effect of Self-Efficacy and School Environment on Interest in Continuing Study to Higher Education in Students of Cawang Baru 1 SHS. The method used is a survey method. The respondent selection technique uses a saturated sample with an affordable population and a sample of 73 students. Respondents studied in this study were 12th grade students of Cawang Baru 1 SHS. Data were collected through a questionnaire with a Likert scale. The results showed that the hypothesis test consisting of the F test and t test. Based on the comparison of the F-count and the F-table using the ANOVA table, the Fcount > F-table = 37.971 > 3.13 was obtained. That is, there is a simultaneous influence between Self-Efficacy (X1) and School Environment (X2) on Interest in Continuing Study to Higher Education (Y). The results of the t-test for SelfEfficacy t-count > t-table = 5.386 > 1.99444, and School Environment t-count > t-table = 3.088 > 1.99444. This means that there is a positive and significant influence on Self-Efficacy (X1) on Interest in Continuing Study to Higher Education (Y) and there is a positive and significant influence on School Environment (X2) on Interest in Continuing Study to Higher Education (Y). Analysis of the Coefficient of Determination (R2) with a result of 0.520 which means 52% reliability of the variable Interest in Continuing Study to Higher Education can be explained by Self-Efficacy and School Environment. While the remaining 48% is influenced by other variables not examined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd., MM ; 2). Dr. Corry Yohana, M.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 02 Oct 2024 00:53
Last Modified: 02 Oct 2024 00:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51059

Actions (login required)

View Item View Item