CHOIRIYAH, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI SAINS BERBASIS BERMAIN KREATIF UNTUK ANAK USIA DINI. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (568kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT THE DEVELOPMENT OF CREATIVE PLAY-BASED SCIENCE LITERACY LEARNING FOR EARLY CHILDHOOD Choiriyah In practical science learning at school, children lack direct experience and problem-solving abilities. A lot of learning activities heavily emphasized the delivery of information without providing opportunities for children to explore themselves with fun play-based learning. It is therefore essential to maximize the process, mindset, and application of science learning by providing them with a fun and creative learning model This research and development aimed to develop interactive science literacy videos and creative play-based science literacy teaching modules for teachers. Using collaborative models by Borg & Gall, Dick and Carey, and SAM (Successive Approximation Model), this research has been equipped with a formative evaluation from multiple experts in material development, digital learning media, and language. The effectiveness test signified an increase of up to 93.02% following the intervention with the interactive science learning e-book towards the development of creative play-based science literacy learning for children. The pretest phase resulted in an average value of 51.68% and the posttest 86.88%, reflecting an increase in the development of a creative play-based science literacy learning model for children aged 5-6 years. This research resulted in a conceptual model of science learning using an interactive e-book to improve children's critical thinking skills. Three stages of a "creative science learning" Physical Model with an interactive video were developed. An interactive video was coupled with guidelines for using the LMS for teachers and parents and the creative play-based science literacy teaching modules for teachers. This research suggests a large-scale application of EBILS, which can be accessed on the Playstore/Appstore, and further development of this EBILS product with other learning activities, such as math, language literacy, and social-emotional. This research can be recommended to related parties, namely parents, ECE institutions, Education offices, and ECE learning media developers. Keywords: Development Model, Science Literacy, Creative Play, creative science learning model ********* ABSTRAK PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI SAINS BERBASIS PERMAINAN KREATIF UNTUK ANAK USIA DINI Choiriyah Pembelajaran sains dalam prakteknya di sekolah anak kurang mendapatkan pengalaman langsung dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan pembelajaran yang sangat menekankan pada penyampaian informasi atau fakta tanpa memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi diri mereka sendiri dengan pembelajaran yang menyenangkan berbasis permainan. Dalam pembelajaran sangat penting untuk memaksimalkan proses, pola pikir, dan penerapan pembelajaran sains. Model pembelajaran yang digunakan haruslah menarik bagi anak. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan produk berupa video interaktif literasi sains dan buku ajar guru literasi sains berbasis pembelajaran bermain kreatif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R and D) dengan model kolaboratif yaitu Borg&Gall, Dick and Carey serta SAM (Successive Approximation Model). Dalam penelitian ini telah dilakukan evaluasi formatif. Evaluasi dengan para pakar (materi,media pembelajaran digital dan Bahasa). Dan uji efektivitas pengembangan model pembelajaran literasi sains berbasis pembelajaran bermain kreatif dilakukan kepada anak dengan observasi menggunakan instrumen penilaian sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan E book interaktif literasi sains, yang hasilnya terdapat kenaikan sebesar 93,02%. Dari hasil nilai rata-rata pre-test sebesar 51,68% dan hasil nilai rata-rata post-test sebesar 86,88%, ini berarti terjadi peningkatan pada pengembangan model pembelajaran literasi sains berbasis bermain kreatif untuk anak usia dini. Produk penelitian ini berupa model konseptual yaitu konsep pembelajaran sains dengan menggunakan E Book interaktif ini ditinjau dari berbagai literatur terkait sehingga terbentuknya suatu model pembelajaran yangs sesuai untuk anak dalam meningkatkan kemampuan literasi sains. Model prosedural menggunakan tahapan 3 model kolaboratif. Model fisikal berupa video interaktif disertai dengan pedoman penggunaan LMS untuk guru dan orangtua, dan Buku ajar guru Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Bermain Kreatif. Penelitian ini berimplikasi pada penelitian lanjutan berupa penerapan EBILS dalam skala besar yang dapat diakses pada playstore/Appstore serta pengembangan lanjutan dari produk EBILS ini dengan pembelajaran lainnya seperti matematika, literasi Bahasa dan sosial emosional. Penelitian ini dapat direkomendasikan pada pihak-pihak terkait yaitu orangtua, Lembaga PAUD dan dinas Pendidikan serta produsen media pembelajaran khususnya untuk anak usia dini. Kata Kunci : Model Pengembangan, Literasi Sains, dan Bermain Kreatif
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.Dr. Ilza Mayuni, MA ; 2). Dr. Nurbiana Dhieni, M.Psi. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 25726 not found. |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 01:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 01:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51062 |
Actions (login required)
View Item |