PENGEMBANGAN MODUL TERAPI SENI UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI PESERTA DIDIK KORBAN PERUDUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

PUJIATI DITA SARI, . (2022) PENGEMBANGAN MODUL TERAPI SENI UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI PESERTA DIDIK KORBAN PERUDUNGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul terapi seni untuk meningkatkan resiliensi siswa SMK yang mengalami perudungan. Populasi penelitian merupakan siswa tingkat SMK yang pernah mengalami perudungan. Sampel dilakukan sebanya 200 siswa dengan menggunakan metod design-based research (DBR) Penelitian ini menggunakan metode Design Based Research (DBR) yang melewati tiga tahap yaitu analisis dan eksplorasi, desain dan pengembangan, dan evaluasi dan refleksi. Penelitian ini hanya sampai uji alpha. Pengumpulan data resiliensi menggunakan instrumen CD-RISC. Pengembangan modul terapi seni untuk meningkatkan resiliensi siswa korban perudungan berisi tiga bagian, pertama informasi mengenai resiliensi dan art therapy, kedua berisi instruksi kegiatan seni, dan ketiga berisi materi mengenai self love. Komponen art therapy yang digunakan adalah komponen persepsual, afektif, dan simbolik. Hasil validasi media mendapatkan persentase sebesar 89,7% dengan kategori sangat baik dan 96,4% untuk validasi materi dengan kategori sangat baik. Rata-rata dari uji ahli mendapatkan skor 93,05% kesimpulan dari penelitian ini adalah modul terapi seni layak digunakan untuk siswa korban perudungan. ******************************************* This research purpose is to develop an art therapy module to increase resilience of study after bullying at school. The populations of this study are all students on SMK 31 who are victim bullying. The research used a sample of 200 students, sampling using the 200 method. The research uses the design-based research (DBR) method with three stages. The first stage is analysis and exploration, the second stage is development and design, and the last stage is evaluation and reflection. The data applied the CD-RISC instrumen. The research only until alpha testing. The art therapy module is composed of three parts. The module includes information about resilience and art therapy, step-by-step art therapy exercises, and the reading material about self-love. The result validation of media experts got 89,7 % with proper category and 96,4% for material expert with the appropriate category. The average of the expert tests gets a score of 93.05%. The research finding of the art therapy module develops it fit for use to students victims of bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herdi, M.Pd ; 2). Dr. Susi Fitri, M.Si.Kons
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 04 Oct 2024 05:21
Last Modified: 04 Oct 2024 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51247

Actions (login required)

View Item View Item