PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DIMEDIASI MOTIVASI BELAJAR DALAM ONLINE LEARNING

PUTRI WAHYUNINGSIH, . (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DIMEDIASI MOTIVASI BELAJAR DALAM ONLINE LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DIMEDIASI MOTIVASI BELAJAR DALAM ONLINE LEARNING ~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (553kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dan menganalis terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dimediasi oleh motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini berjumlah 767 mahasiswa dan sampel pada penelitian ini adalah 332 mahasiswa. Teknik pemilihan responden menggunakan proportional random sampling, yaitu menggunakan metode acak proporsional. Pengelolaaan data, peneliti mengolah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Variabel Kemampuan Berpikir Kritis (Y), Kemandirian Belajar (X1), dan Motivasi Belajar (X2) merupakan data. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini dengan teknik analisis model yang digunakan adalah SEM (Struktural Equation Modeling) yang menggunakan program SMARTPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar berpengaruh secara tidak langsung terhadap kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar sebagai mediasi diantara keduanya original sample dari pengaruh ketiga variabel ini sebesar 0,632 dan 1- statistic sebesar 5,110 > 1,96. Kemudian, berdasarkan p-values 0,000 < 0,05. maka variabel kemandirian belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar sebagai mediasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung. ********************************************** This research aims to determine the effect of independent learning on critical thinking skills mediated by learning motivation in students of State University of Jakarta. This study uses a descriptive quantitative approach with a survey method. The population in this study amounted to 767 students and the sample in this study was 332 students. The respondent selection technique used proportional random sampling, namely using the proportional random method. In data management, the researcher processed the questionnaire using a Likert scale. The variables of Critical Thinking Ability (Y), Learning Independence (X1), and Learning Motivation (X2) are data. To test the hypothesis that will be proposed in this study, the model analysis technique used is SEM (Structural Equation Modeling) which uses the SMARTPLS 3.0 program. The results showed that learning independence had an effect on critical thinking skills with learning motivation as a mediation between the two. the original sample of the influence of these three variables is 0.632 and the t-statistic is 5.110 > 1.96. Then, based on p-values 0.000 < 0.05. then the independent learning variable affects critical thinking skills with learning motivation as a mediation has a significant indirect effect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Osly Usman M. Bus Mgt., M. Bus Syst ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M. SM
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 04 Oct 2024 05:44
Last Modified: 04 Oct 2024 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51253

Actions (login required)

View Item View Item