MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DI SANGGAR LIGAR MANDIRI KOTA BOGOR

RHESMA SRI MULYANI, . (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DI SANGGAR LIGAR MANDIRI KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB)

Abstract

Kemampuan menari adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerak tari tepat dengan irama dan teknik geraknya kemudian disertai dengan penjiwaan yang baik. Kemampuan menari ini mengikuti aspek wiraga, wirama dan wirasa. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang yang terdiri dari laki-laki maupun perempuan, yang memiliki kemampuan berbeda-beda. Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan kemampuan menari dari segi aspek wiraga, wirama dan wirasa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan menari di sanggar Ligar Mandiri Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model kemmis dan Mc Taggart, menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus dengan jumlah peserta didik 8 orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan kemampuan menari pada peserta didik berdasarkan hasil Pretest 33.8, siklus I 54.1 dan siklus II menjadi 73.1. Untuk penelitian selanjutnya dapat menerapkan model pembelajaran lainnya untuk meningkatkan kemampuan menari anak. ******************************************************** The ability to dance is a person's ability to perform dance moves precisely with the rhythm and movement technique then accompanied by a good soul. This dance ability follows the aspects of motion, rhtym and flavor. The STAD (Student Team Achievement Division) type of cooperative learning model divides students into several groups consisting of 4-5 people consisting of both men and women, who have different abilities. STAD (Student Team Achievement Division) type cooperative learning can improve dancing skills in terms of motion, rhytm and flavor aspects. The purpose of this study was to describe the process of applying cooperative learning models to improve dancing skills in the Ligar Mandiri studio, Bogor City. This research uses classroom action research (CAR) with Kemmis and Mc Taggart models, using descriptive qualitative data analysis and descriptive statistical quantitative analysis. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. This research was carried out in two cycles with 8 students. The results obtained from this study indicate that the STAD (Student Team Achievement Division) type of cooperative learning model can improve students' dancing skills based on the results of Pretest 33.8, cycle I 54.1 and cycle II to 73.1. For further research, other learning models can be applied to improve children's dancing skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Elindra Yetti, M.Pd. ; 2). Tuteng Suwandi, S. Kar., M. Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:01
Last Modified: 04 Oct 2024 06:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51259

Actions (login required)

View Item View Item