PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD

RATU SYIFA NAHDIFA, . (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II ACUAN TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kelapa Dua Wetan 02. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 27 siswa. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, evaluasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Data dari hasil kuisioner minat belajar IPA pada siklus mencapai 33,33% ketuntasan, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 59,26%. Dilanjutkan pada siklus III mencapai 77,78% ketuntasan dan telah memenuhi kriteria ketercapaian yang ditetapkan yaitu 75% siswa mencapai skor minat belajar ≥81. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CLIS dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV B SDN Kelapa Dua Wetan 02. Dengan demikian, guru dapat mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran CLIS sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Kata kunci: Children Learning in Science, Ilmu Pengetahuan Alam, Minat Belajar. ***** This classroom action research aims to improve student is interest in learning natural science subjects by using the Children Learning in Science (CLIS) learning model. This research was carried out at SDN Kelapa Dua Wetan 02. The subject of thus research was 27 students of class IV B. The research followed the Kemmis and Mc. Taggart model ofclassroom action research. The data collection techniques used are observation, evaluation, and documentation with data analysis techniques followed the Miles and Huberman model. The data from questionnaire result of interest in learning natural scence in the first cycle reached 33.33% completeness, then in the second cycle there was an improvement of 59.26%. Continued in the third cycle it reached 77.78% completeness and had met the set achievement criteria, namely 75% of students achieved a learning interest score of ≥81. This research concludes that the application of the CLIS learning model in science learning can improve student is interest in learning at class IV B SDN Kelapa Dua Wetan 02. Therefore, teachers can consider using the CLIS learning model as an alternative for improving student is interest in learning science subjects. Keywords: Children Learning in Science, Natural Sciences, Learning Interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ratu Syifa Nahdifa .
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:46
Last Modified: 29 Oct 2024 06:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51360

Actions (login required)

View Item View Item