MUHAMAD DIKA WAHYUDI, . (2022) PERAN FASILITATOR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA PELATIHAN PENGELOLA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) (Studi Deskriptif Pelatihan Pengelola LKP P3PAUD dan DIKMAS DKI Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (101kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (162kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf Download (146kB) |
|
Text
4. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (103kB) |
|
Text
5. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
5. LEMBAR PERSEMBAHAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (166kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (127kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (120kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (120kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
11. BAB II ACUAN TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
12. BAB III METODOLOGI.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) |
|
Text
13. BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text
14. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran fasilitator dalam meningkatkan kompetensi peserta Pelatihan Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di P3PAUD dan Dikmas DKI Jakarta. Penelitian ini dibuat dengan latar belakang karena fasilitator di pelatihan tersebut berperan sekaligus sebagai penyelenggara pelatihan yang bertugas dalam membantu proses kegiatan terhadap peserta pelatihan dalam meningkatkan kompetensi peserta dengan hasil yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitator memiliki beberapa sikap dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi fasilitator yang efektif. Oleh karena itu, fasilitator turut berperan dalam meningkatkan kompetensi pengelola LKP dengan dibuktikan terdapat perubahan kompetensi peserta setelah mengikuti pelatihan, seperti perubahan kemampuan kognitif atau kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan peserta pelatihan. ************************************************* The purpose of this study was to describe the role of the facilitator in improving the competence of the participants of the Training and Training Institute Manager (LKP) at P3PAUD and Dikmas DKI Jakarta. This research was made with the background because the facilitator in the training plays a role as well as a training organizer whose task is to assist the process of activities for training participants in improving the competence of participants with the expected results. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results of the study indicate that the facilitator has several attitudes and skills needed to become an effective facilitator. Therefore, the facilitator plays a role in improving the competence of LKP managers, as evidenced by the changes in participants' competencies after attending the training, such as changes in cognitive abilities or abilities related to the knowledge of the trainees.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si. ; 2). Adi Irvansyah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 02:00 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:00 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51465 |
Actions (login required)
View Item |