PUSPITA NINGRUM, . (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN AUTISME DI SEKOLAH ALAM AMARDHIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01 COVER.pdf Download (774kB) |
|
Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (635kB) |
|
Text
03 LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (809kB) |
|
Text
04 LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (744kB) |
|
Text
05 LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (913kB) |
|
Text
06 LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (630kB) |
|
Text
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (740kB) |
|
Text
08 DAFTAR ISI.pdf Download (639kB) |
|
Text
09 DAFTAR TABEL.pdf Download (629kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (630kB) |
|
Text
11 a BAB I.pdf Download (889kB) |
|
Text
11 b BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11 c BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (813kB) |
|
Text
11 d BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11 e BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (742kB) |
|
Text
13 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
14 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran bahasa indonesia bagi peserta didik dengan autisme di Sekolah Alam Amardhika. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas integrated di Sekolah Alam Amardhika, pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi pada kegiatan belajar mengajar, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah Alam Amardhika menggunakan kombinasi metode umum dan metode khusus, diantaranya ceramah, membaca dongeng, tanya jawab, dikte, serta ABA yang telah dimodifikasi ditambah dengan Simultaneous Oral Spelling dan The Sensible Pencil. Media pembelajaran menggunakan media visual berupa kartu. Evaluasi dari strategi pembelajaran pada mata pelajaran bahasa indonesia dilakukan oleh guru, terapis dan kepala sekolah, hasil dari evaluasi tersebut dinarasikan dalam bentuk portofolio perkembangan dan lembar kerja peserta didik dengan autisme. *********************************************** This study aims to determine the learning strategies used by teachers in Indonesian subjects for students with autism at Amardhika Alam School. The sample in this study were students and integrated classroom teachers at the Alam Amardhika School, sampling using a purposive sampling technique. The method used in this research is descriptive qualitative, data collection is done through observation on teaching and learning activities, interviews, and document studies. The results of this study indicate that the learning strategy for Indonesian language subjects at Alam Amardhika school uses a combination of general methods and special methods, including lectures, reading fairy tales, questions and answers, dictation, and modified ABA plus Simultaneous Oral Spelling and The Sensible Pencil. Learning media uses visual media in the form of cards. Evaluation of learning strategies for Indonesian subjects is carried out by teachers, therapists, and school principals, the results of the evaluation are narrated in the form of developmental portfolios and worksheets for students with autism
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wuryani, M.Pd ; 2). Leliana Lianty, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 04:38 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 04:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51595 |
Actions (login required)
View Item |