RAHMADINA AZIZAH, . (2022) GAMBARAN KECEMASAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP SWASTA DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (920kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (959kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (621kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kecemasan belajar yang dialami peserta didik SMP Swasta di Jakarta Timur. Dalam penelitian ini mempunyai jumlah responden sebanyak 389 peserta didik yang terdiri dari kelas VII dan kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan The SAS-S Instrument dengan jumlah 28 item yang dikembangkan oleh Maqsood dan Ijaz (2013). Hasil uji validitas mendapatkan keseluruhan item valid dan realibilitas sebesar 0,932. Responden terdiri dari 193 laki-laki dan 196 perempuan. Berdasarkan jenis kelamin, peserta didik perempuan lebih cenderung mempunyai tingkat kecemasan lebih tinggi daripada peserta didik laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya peserta didik mengalami kecemasan belajar dengan total skor rata-rata 30,38 dari skor maksimum 67 dengan faktor yang paling banyak dipilih yaitu “fear of evaluation”. Dalam ranah bimbingan dan konseling, kecemasan belajar dapat diredukasi oleh beberapa pendekatan dan teknik terapi konseling. Teknik terapi yang dapat dilakukan untuk mereduksi kecemasan belajar yaitu, reframing, cognitive resturing, REBT, bibliotherapy, dan systematic desensitization ******************************************** This study aims to describe the study anxiety experienced by private junior high school students in East Jakarta. In this study, the number of respondents was 389 students consisting of grade 7th and grade 8th. Sampling used a simple random sampling technique. The method used in this research is a quantitative approach and a descriptive approach. Data collection in this study used The SAS-S Instrument with a total of 28 items developed by Maqsood and Ijaz (2013). The results of the validity test get a total of valid and reliability items of 0.932. Respondents consisted of 193 boys and 196 girls. Based on gender, female students are more likely to be exposed to a higher level than male students. The results showed that students experienced by study anxiety with a total average score of 30.38 from a maximum score of 67 with the most chosen factor being "fear of evaluation". In the realm of guidance and counseling, learning anxiety can be reduced by several approaches and techniques of counseling therapy. Therapeutic techniques that can be used to reduce learning anxiety are reframing, cognitive resturing, REBT, bibliotherapy, and systematic desensitization.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ahmad Rifqy Ash-Shidiqqy, M.Pd ; 2). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd. Kons |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 18 Oct 2024 01:59 |
Last Modified: | 18 Oct 2024 01:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51650 |
Actions (login required)
View Item |