PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN METODE RESITASI MELALUI MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) (Penelitian Tindakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta)

ANIS SETIYANTI, . (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN METODE RESITASI MELALUI MOBILE ASSISTED LANGUAGE LEARNING (MALL) (Penelitian Tindakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (750kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tindakan ini dilakukan dengan latar belakang belum berhasilnya pembelajaran berbicara bahasa Inggris mahasiswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan metode Resitasi melalui Mobile Assisted language Learning (MALL). Teknologi dan pembelajaran menunjukkan relevansi teknologi dan aplikasi mobile dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya untuk peningkatan keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan atau Action Research dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian dilakukan di semester genap tahun ajaran 2019/2020 pada mahasiswa semester IV sejumlah 24 mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes prasiklus, tes siklus 1, tes siklus 2, dan tes siklus 3 yang kemudian dianalisis dengan statistik sederhana. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain keterlaksanaan metode resitasi pada peningkatan berbicara bahasa Inggris mahasiswa melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL) berkategori sangat baik, serta hasil peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa setelah diterapkan metode Resitasi melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL). Hasil peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan metode Resitasi melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL) terjadi peningkatan dari tahapan prasiklus sampai siklus ke 3. Prosentase rata-rata nilai mahasiswa pada tahapan prasiklus hanya sebesar 44,2% atau dalam kategori kurang memuaskan, kemudian mengalami kenaikan pada siklus 1 menjadi 55,6% atau dalam kategori cukup memuaskan. Hasil siklus 2 diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebesar 68,8%, atau dalam kategori cukup memuaskan dan mengalami peningkatan pada siklus 3 menjadi 81 % atau dalam kategori memuaskan. Hubungan erat antara pratik, perangkat mobile, dan kemahiran menunjukkan bahwa praktik berbahasa menggunakan perangat mobile berkontribusi signifikan terhadap kemahiran berbicara bahasa Inggris. Kesimpulannya adalah dengan metode resitasi melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL) dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa serta disarankan menjadi salah satu metode yang perlu diterapkan dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mahasiswa. ***** This action research was carried out against the background of students' unsuccessful learning to speak English and had the aim of improving English speaking skills using the Recitation method through Mobile Assisted Language Learning (MALL). Technology and learning shows the relevance of technology and mobile applications in English language learning, especially for improving speaking skills. This research uses action research using the Kemmis and Mc Taggart model which has stages of planning, action, observation and reflection. The research was conducted in the even semester of the 2019/2020 academic year on 24 fourth semester students in the Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Islamic Religion, Muhammadiyah University, Jakarta. The data collection used in this research is qualitative and quantitative data. Qualitative data was obtained from interviews and observations, while quantitative data was obtained from the results of pre-cycle tests, cycle 1 tests, cycle 2 tests, and cycle 3 tests which were then analyzed using simple statistics. The results obtained from this research include the implementation of the recitation method in improving students' English speaking through Mobile Assisted Language Learning (MALL) in the very good category, as well as the results of improving students' English speaking skills after applying the Recitation method through Mobile Assisted Language Learning (MALL). The results of improving English speaking skills using the Recitation method through Mobile Assisted Language Learning (MALL) showed an increase from the pre-cycle stage to the 3rd cycle. The average percentage of student scores at the pre-cycle stage was only 44.2% or in the unsatisfactory category, then experienced the increase in cycle 1 was 55.6% or in the quite satisfactory category. The results of cycle 2 obtained an average student score of 68.8%, or in the quite satisfactory category and experienced an increase in the cycle 3 to 81% or in the satisfactory category. The close relationship between practice, mobile devices, and proficiency shows that language practice using mobile devices contributes significantly to English speaking proficiency. The conclusion is that the recitation method through Mobile Assisted Language Learning (MALL) can improve students' English speaking skills and is suggested to be one of the methods that needs to be applied to improve students' English skills.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Mohammad Syarif Sumantri, M.Pd. ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 25743 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:15
Last Modified: 18 Oct 2024 04:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51659

Actions (login required)

View Item View Item