HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR LIFE SKILL MATA PELAJARAN TATA RIAS WAJAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 138 JAKARTA

NOVIA SAGITA, . (2024) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR LIFE SKILL MATA PELAJARAN TATA RIAS WAJAH PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 138 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar life skill mata pelajaran tata rias wajah di SMP Negeri 138 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 138 Jakarta sebanyak 32 siswa dan sampel menggunakan Total Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur kepercayaan diri dan nilaisekunder untuk mengukur hasil belajar life skill mata pelajaran tata rias wajah. Data dianalisis menggunakan uji koefisien korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri denganhasil belajar siswa, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,366 dan p-value sebesar 0,165 (p > 0,05). Mayoritas siswa memiliki kepercayaan diri dengankategori sedang terdapat pada interval 103-111 dengan persentase 41%, dan nilai hasil belajar dalam interval 67-75 dengan nilai persentase 44% beradapada kategori sedang juga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hubungan kepercayaan diri memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Hasil Belajar, Life Skill Tata Rias Wajah. ******** Abstract : This research aims to determine the relationship between self-confidence and learning outcomes in the life skills course of facial makeup at SMP Negeri 138 Jakarta. This research utilizes a quantitative method with a correlational design. The population consists of 32 seventh-grade students at SMP Negeri 138 Jakarta, with the sample selected using Total Sampling, meaning the sample size equals the population. Data collection was conducted using questionnaires to measure self�confidence and secondary data to assess the learning outcomes in the life skills course of facial makeup. The data were analyzed using the Pearson Product Moment correlation coefficient test with the aid of SPSS software. The results indicate a significant relationship between self-confidence and student learning outcomes, with a correlation coefficient of 0,366 and a p-value of 0,165 (p > 0,05). The majority of students have self-confidence in the moderate category, with an interval of 103-111 and a percentage of 41%, while the learning outcomes fall within the interval of 67-75 with 44% also in the moderate category. The conclusion of this study is that self-confidence plays a significant role in enhancing students'learning outcomes. Keywords: Self-Confidence, Learning Outcomes, Life Skills In Cosmetology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sri Irtawidjajanti, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Neneng Siti Silfi A, S.Si.,Apt.,M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 25775 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2024 01:40
Last Modified: 31 Oct 2024 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51833

Actions (login required)

View Item View Item