HUBUNGAN HASIL BELAJAR RIAS WAJAH SEHARI-HARI DENGAN MINAT MENJADI MAKEUP ARTIST PADA SISWA KELAS X SMKN 7 KOTA TANGERANG SELATAN

LIDYA JESIKA SINAGA, . (2024) HUBUNGAN HASIL BELAJAR RIAS WAJAH SEHARI-HARI DENGAN MINAT MENJADI MAKEUP ARTIST PADA SISWA KELAS X SMKN 7 KOTA TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (872kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti kegiatan belajar. Hasil belajar masuk ke dalam tiga ranah, yaitu ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotorik (keterampilan). Minat merupakan pemusatan perhatian yang mengandung unsur perhatian, kesenangan, kecenderungan hati, serta suatu keinginan yang tidak disengaja yang bersifat aktif menerima dari lingkungannya. Makeup artist adalah seseorang yang biasanya merias wajah dengan tujuan membuat wajah tampak lebih menarik, memperbaiki penampilan dengan menonjolkan kelebihan dan menyembunyikan kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar rias wajah sehari-hari dengan minat menjadi makeup artist yang dilakukan pada siswa kelas X jurusan kecantikan kulit dan rambut SMKN 7 Kota Tangerang Selatan, tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan pendekatan korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 77 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data minat diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil belajar menggunakan data sekunder yang diperoleh dari nilai akhir rias wajah sehari-hari siswa pada semester ganjil. Metode analisis data menggunakan korelasi Spearman. Analisis data dibantu melalui software SPSS versi 29. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikan sebesar 0,06 > 0,05, yang berarti hasil belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan minat menjadi makeup artist. Beberapa alasan mengapa tidak terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut adalah terbatasnya paparan mengenai profesi makeup artist di kelas X serta materi di kelas lebih fokus kepada teori dan praktik akademik bukan karir sehingga minat karir tidak terbangun. Kata Kunci: Hasil Belajar, Minat, Makeup Artist Learning outcomes are the abilities students obtain after participating in learning activities. Learning outcomes fall into three domains, namely the cognitive domain (knowledge), the affective domain (attitudes), and the psychomotor domain (skills). Interest is a concentration of attention that contains elements of attention, pleasure, inclination, as well as an unintentional desire that is actively received from the environment. A make-up artist is someone who usually applies make-up with the aim of making the face look more attractive, improving appearance by highlighting advantages and hiding flaws. This research aims to determine the relationship between daily makeup learning outcomes and interest in becoming a makeup artist, which was carried out on class X students majoring in skin and hair beauty at SMKN 7, South Tangerang City, academic year 2023/2024. The research method used is associative quantitative with a correlational approach. The population in this study was all 77 class X students with a sampling technique, namely total sampling. The instrument used to obtain interest data was measured using a questionnaire with a Likert scale. Learning outcomes use secondary data obtained from the final grades of students' daily makeup in odd semesters. The data analysis method uses Spearman correlation. Data analysis was assisted through SPSS software version 29. The research results obtained a significant value of 0.06 > 0.05, which means that learning outcomes do not have a significant relationship with interest in becoming a makeup artist. Several reasons why there is no relationship between these two variables are the limited exposure to the makeup artist profession in class. Keywords: Learning Outcomes, Interests, Makeup Artist

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dra. Mari Okatini Armandari, M.K.M. 2. Prof. Dr. Neneng Siti Silfi A., S.Si, Apt, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 25776 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:23
Last Modified: 31 Oct 2024 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51845

Actions (login required)

View Item View Item