SILVA REFLIANI, . (2022) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PELATIHAN BAHASA INGGRIS SMALL TALK TINGKAT OPERASIONAL DASAR DI PPKD JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (79kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (526kB) |
|
Text
3. ABSTRAK S.D. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (317kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu tantangan pada masa Pandemi Covid-19 dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam pemilihan media untuk memfasilitasi pembelajaran. Multimedia pembelajaran dapat menjadi jawaban dalam mengatasi kendala tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif yang berjudul “English for Professional Administration Staff” dan 2) mengetahui kelayakan produk yang akan digunakan oleh instruktur serta peserta pelatihan bahasa Inggris PPKD Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah satu instruktur pelatihan dan 10 peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memiliki dua hasil. Pertama, hasil kegiatan pengembangan yaitu analisis yang menemukan instruktur dan peserta pelatihan membutuhkan media pembelajaran; kegiatan merancang media; pengembangan media; implementasi media dengan kegiatan ujicoba di kelas; evaluasi kegiatan. Kedua, multimedia pembelajaran dinyatakan layak dengan skor validitas materi sebesar 4,0 yang berarti kualitas materi berada pada kategori “Sangat Baik” dan skor validitas media sebesar 2,8 yang berarti kualitas tampilan berada pada kategori “Cukup Baik”. Multimedia pembelajaran juga dinyatakan praktis dan efektif berdasarkan hasil rata-rata uji coba pada peserta pelatihan sejumlah 3,2 yang berarti berada pada kategori “Baik” serta didukung dengan data bahwa 100% peserta memperoleh nilai latihan soal di atas KKM dengan perolehan nilai rata-rata 90. Hal-hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran yang valid dan layak digunakan dalam pelatihan bahasa Inggris. **************************************** istance learning is one of challenges in class during the Covid-19 Pandemic, especially when it comes to choosing a media that is suitable for learning. Learning multimedia can overcome the obstacle. Therefore, the objectives of this research are 1) to create an interactive learning multimedia application entitled “English for Professional Administration Staff” and 2) to acknowledge the validity of the application that will be used by the training participants and instructor of Jakarta Selatan Training Center. This research uses R&D method with ADDIE model. The subjects of this study are one instructor and ten training participants. The data collection uses observation, interview, and questionnaire techniques. The data analysis uses quantitative descriptive technique. There are two outcomes of this research. The first outcome is the product development, namely the analysis found that the training instructor and participants are in need of a learning media; the media design; the media development; the media implementation by product trial; the evaluation process. Second, the learning multimedia was declared valid with a content validity score of 4,0, meaning that the media content is categorized as “Excellent” and with a media validity score of 2,8, meaning that the media quality is categorized as “Good”. The learning multimedia was also declared as practical and effective based on the product trial with the participants, by the score of 3,2 meaning that the learning multimedia is categorized as “Very Good”, supported too by the fact that 100% of participants achieved above the passing grade and the average score of 90. In the end, this research produced a learning multimedia that is valid and good for English training.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd ; 2). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | PKL . |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 08:15 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 08:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51987 |
Actions (login required)
View Item |