ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI

WIDYA SEPTIANINGRUM, . (2022) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1-Cover, Abstrak, Lembar Originalitas, Lembar Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (326kB)
[img] Text
2-BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
3-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
4-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
5-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
7-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
8-Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik melalui penerapan Self-Regulated Learning pada materi larutan penyangga kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMA Negeri yang ada di Jakarta Timur. Waktu penelitian yaitu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 dimulai dari bulan Maret – Mei 2022. Subjek dari penelitian ini sebanyak 40 peserta didik kelas XI MIPA 4 yang terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan. Pertemuan dilaksanakan dengan beberapa kondisi, diantaranya sebanyak satu kali dilaksanakan daring melalui platform Zoom Meeting, satu kali dilaksanakan secara PTM-T 50%, dan tiga pertemuan dilaksanakan secara PTM 100%. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, catatan harian peneliti, reflektif jurnal, lembar kuesioner, dan wawancara dengan peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini yaitu Self-Regulated Learning yang terdiri dari tujuh tahapan pembelajaran yaitu penganalisaan (analyze), perencanaan (plan), implementasi (implement), pengamatan yang komprehensif (comprehend), pemecahan masalah (problem solving), evaluasi (evaluate), dan modifikasi (modify). Melalui model Self-Regulated Learning yang diterapkan pada pembelajaran, maka peserta didik lebih terlibat dalam proses pembelajarannya dikarenakan peserta didik mengelola dan menyusun strategi belajar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Peserta didik juga terlibat lebih aktif ketika menerapkan strategi yang telah dirancangnya, sehingga interaksi yang terjadi di dalam kelas akan lebih efektif dan lebih bermakna. Selain itu dari dimensi motivasi pada kuesioner yang digunakan pada enam aspeknya yaitu intrinsic goal orientation (orientasi tujuan intrinsik), extrinsic goal orientation (orientasi tujuan ekstrinsik), task value (nilai tugas), control of learning beliefs (kontrol keyakinan belajar), self-efficacy for learning and performance (efikasi diri dalam belajar dan kinerja), dan test anxiety (kecemasan tes). Pada dimensi intrinsic goal orientation (orientasi tujuan intrinsik), extrinsic goal orientation (orientasi tujuan ekstrinsik) diketahui peserta didik terlibat dalam pembelajaran untuk penguasaan dan pemahaman materi. Pada dimensi task value (nilai tugas), control of learning beliefs (kontrol keyakinan belajar), self-efficacy for learning and performance (efikasi diri dalam belajar dan kinerja) diketahui peserta didik melakukan upaya terbaik dan keyakinan dirinya serta kinerjanya dalam belajar memberikan hasil yang positif, serta dimensi task value (kecemasan tes) diketahui bahwa peserta didik yang khawatir akan kemampuan dirinya ketika menghadapi ujian maka berpengaruh dalam kinerjanya ketika belajar. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu penggunaan model Self-Regulated Learning dapat membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sukro Muhab, M.Si. ; 2). Dr. Yusmaniar, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: PKL .
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:33
Last Modified: 20 Nov 2024 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52174

Actions (login required)

View Item View Item