HUBUNGAN ANTARA PARENT-CHILD RELATIONSHIP DENGAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI DI DKI JAKARTA

FILMORA BERLIMETTA PESIWARISSA, . (2024) HUBUNGAN ANTARA PARENT-CHILD RELATIONSHIP DENGAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy

Abstract

Masalah bullying di Indonesia terutama di lingkungan sekolah perlu segera untuk diatasi dan menemukan solusi yang tepat, mengingat pada tahun 2045 Indonesia akan berada pada kondisi kehidupan Indonesia Emas, yaitu kondisi kehidupan masyarakat yang didominasi oleh kelompok produktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui hubungan orang tua anak dengan bullying pada siswa SMP Negeri di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Metode yang digunakan adalah survei. Penelitian ini dilaksanakan di enam sekolah SMP Negeri di DKI Jakarta. Populasi penelitian ini berjumlah 1.620 dengan total sampel 324 siswa/i SMP Negeri di DKI Jakarta. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Spearman rank dan uji signifikansi korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parent-child relationship dengan bullying memiliki hubungan yang signifikan (p value = 0,001 < 0,05). Koefisien korelasi sebesar -0,252 yang menunjukkan bahwa parent-child relationship dengan bullying berkolerasi negatif dengan tingkat keeratan yang lemah. Hubungan orang tua dapat berperan penting untuk mencegah bullying. Komunikasi yang terbuka antara orang tua-anak, dapat membuat anak merasa aman dan nyaman ketika berbagi masalah bullying yang mereka hadapi. Kata Kunci: anak, bullying, hubungan, orang tua, siswa ***** The problem of bullying in Indonesia, especially in the school environment, needs to be addressed immediately and find the right solution, considering that in 2045 Indonesia will be in the Golden Indonesia living conditions, namely the living conditions of society dominated by productive groups. This research aims to see and determine the parent-child relationship with bullying in state junior high school students in DKI Jakarta. This research uses quantitative research with an associative approach. The method used is a survey. This research was carried out in six state junior high schools in DKI Jakarta. The population of this study was 1.620 with a total sample of 324 State Middle School students in DKI Jakarta. The hypothesis tests used in this research are the Spearman rank correlation test and the correlation significance test. The results of the study show that parent-child relationship with bullying has a significant relationship (p value = 0,001 < 0,05). The correlation coefficient is -0,252 which shows that parent-child relationships with bullying are negatively correlated with a weak level of closeness. Parental relationships can play an important role in preventing bullying. Open communication between parents and children can make children feel safe and comfortable when sharing the bullying problems they face. Keywords: bullying, childern, parents, relationship, students

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. 2) Elmanora, S.Si., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 25808 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:53
Last Modified: 14 Jan 2025 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52338

Actions (login required)

View Item View Item