HUBUNGAN ANTARA PARENTING PRACTICES DENGAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI DI DKI JAKARTA

PUSPA AURELIA, . (2024) HUBUNGAN ANTARA PARENTING PRACTICES DENGAN BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI DI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy

Abstract

Peserta didik dari berbagai tingkatan telah menganggap bahwa bullying yang pernah dialami atau pernah dilakukan merupakan suatu hal yang wajar dan mereka menganggapnya sebagai candaan semata. Sehingga bullying menjadi kasus yang berbahaya dan menganggu dalam dunia pendidikan. Kasus bullying yang terjadi perlu mendapatkan perhatian khusus dari tenaga pendidik maupun orang tua. Parenting practices memiliki hubungan dalam pembentukan perilaku anak. Maka dari itu, penerapan parenting practices yang tepat sangat dibutuhkan dalam sebuah keluarga sehingga anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara parenting practices dengan bullying pada siswa SMP Negeri di DKI Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri yang ada di DKI Jakarta. Populasi dan sampel dalam penelitian ini terdiri atas 324 siswa SMP Negeri di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan parenting practices berhubungan signifikan dengan bullying (p value = 0,000<0,05). Koefisien korelasi sebesar -0,206 yang artinya kedua variabel memiliki hubungan yang negatif dengan tingkat keeratan yang lemah. Temuan ini mengimplikasikan bahwa sekolah harus membuat suatu program edukasi mengenai bullying supaya siswa dapat mengetahui perilaku-perilaku yang termasuk dalam bullying. Kata kunci: bullying, parenting practices, sekolah ***** Learners of all levels have considered bullying that they have experienced or have done is normal and they consider it as a joke. So that bullying becomes a dangerous and disturbing case in the world of education. Bullying cases that occur need special attention from educators and parents. Parenting practices have a relationship in shaping children's behavior. Therefore, the application of appropriate parenting practices is needed in a family so that children will grow and develop properly. This study was conducted with the aim of knowing the relationship between parenting practices and bullying in public junior high school students in DKI Jakarta. This research method is a survey method with an associative approach. This research was conducted in public junior high schools in DKI Jakarta. The population and sample in this study consisted of 324 public junior high school students in DKI Jakarta. The results showed that parenting practices were significantly related to bullying (p value = 0.000 <0.05). The correlation coefficient is -0.206, which means that the two variables have a negative relationship with a weak level of closeness. This finding implies that schools should create an educational program about bullying so that students can know the behaviors that are included in bullying. Keyword: bullying, parenting practices, school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. 2). Elmanora, S.Si., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 25806 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2025 07:00
Last Modified: 14 Jan 2025 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52340

Actions (login required)

View Item View Item