PENGARUH VARIASI ALUMINIUM PADA PERANCANGAN KAMPAS KOPLING SENTRIFUGAL DENGAN MATERIAL NATURAL KOMPOSIT TERHADAP PENGUJIAN PERFORMA SEPEDA MOTOR MATIC

DANIEL HIKMAN, . (2025) PENGARUH VARIASI ALUMINIUM PADA PERANCANGAN KAMPAS KOPLING SENTRIFUGAL DENGAN MATERIAL NATURAL KOMPOSIT TERHADAP PENGUJIAN PERFORMA SEPEDA MOTOR MATIC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
FILE BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
FILE LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengganti kampas kopling material asbestos dengan menggunakan variasi komposisi dari material natural komposit dengan cara menguji performa sepeda motor matic nmax 155cc dengan kampas standar dan 6 variasi kampas kopling natural komposit yakni serabut kelapa, serbuk kayu dan serbuk aluminium. Pengujian performa dilakukan menggunakan chasis dynotest dan menghasilkan output berupa torsi, daya dan putaran mesin dari sepeda motor matic nmax 155cc. Dengan metode pengujian tersebut, diketahui spesimen kampas kopling dengan komposisi serabut kelapa 20%, serbuk kayu 20%, serbuk aluminium 15% (Spesimen A3) menghasilkan torsi paling tinggi dibandingkan dengan kampas standar dan spesimen lainnya. Nilai torsi maksimal yang diperoleh spesimen A3 sebesar 15,51 Nm pada putaran mesin 4352 rpm, sedangkan kampas standar memperoleh torsi maksimal sebesar 14,78 Nm pada putaran mesin 4282 rpm. Diketahui juga spesimen dengan komposisi serabut kelapa 20%, serbuk kayu 20%, serbuk aluminium 5% (Spesimen A1), komposisi serabut kelapa 20%, serbuk kayu 20%, serbuk aluminium 20% (Spesimen A4) dan komposisi serabut kelapa 20%, serbuk kayu 20%, serbuk aluminium 25% (Spesimen A5) memperoleh nilai daya maksimal tertinggi dibandingkan dengan kampas standar dan spesimen lainnya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penambahan serbuk aluminium dalam komposisi spesimen kampas kopling berpengaruh terhadap naiknya nilai torsi pada sepeda motor matic, namun puncak optimal penambahan serbuk aluminium pada penelitian ini terdapat pada 15% serbuk aluminum, setelah itu nilai tosi cenderung menurun tetapi masih di atas nilai torsi dari kampas standar. Kata Kunci : Kampas kopling, komposit, Sepeda motor matic, Uji performa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Kholil, M.T. 2). Dr. Imam Basori, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Daniel Hikman .
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:52
Last Modified: 05 Feb 2025 07:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52519

Actions (login required)

View Item View Item