SITI NURJANAH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL NAIL ART 3 DIMENSI TEMA FLORA PADA MATA KULIAH PERAWATAN TANGAN DAN KAKI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER,.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV,.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN & DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Memanfaatkan teknologi saat ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial yang tidak terbatas oleh ruang dan waktu, selain itu penggunaan video tutorial dapat meningkatkan perhatian dan jauh lebih mudah untuk diingat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial yang layak dan praktis. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan dan mengembangkan suatu produk. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Peneliti melakukan uji validasi kepada dosen ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan video tutorial yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan video tutorial ini sudah dikatakan sangat layak. Kelayakan itu didapatkan dari hasil uji validasi dari ahli materi dengan skor 82,5 % dan hasil uji validasi dari ahli media dengan skor 86,66 %. Peneliti melakukan uji praktikalitas kepada mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah Perawatan Tangan dan Kaki (materi Nail Art) pada Program Studi Pendidikan Tata Rias angkatan 2020 dan 2021. Hasil uji praktikalitas pada mahasiswa dengan 30 responden, mendapatkan skor 88,2 % dengan kategori Sangat Praktis untuk pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video tutorial Nail Art 3D tema Flora ini sangat layak dan praktis. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Video Tutorial, Nail Art 3D Tema Flora ***** ABSTRACT Utilizing current technology, researchers have developed learning media in the form of video tutorials that are not limited by space and time, in addition, the use of video tutorials can increase attention and is much easier to remember. This study aims to develop learning media in the form of video tutorials that are feasible and practical. The method used is research and development (R&D) which is used to produce and develop a product. This study uses the ADDIE model. Researchers conducted validation tests on lecturers who are material experts and media experts to determine the feasibility of the video tutorials developed. The results of the research and development of this video tutorial have been said to be very feasible. This feasibility was obtained from the results of the validation test from material experts with a score of 82.5% and the results of the validation test from media experts with a score of 86.66%. Researchers conducted a practicality test on students who had taken the Hand and Foot Care course (Nail Art material) in the Makeup Education Study Program in 2020 and 2021. The results of the practicality test on students with 30 respondents obtained a score of 88.2% with the Very Practical category for learning. So it can be concluded that the development of 3D Nail Art video tutorial learning media with the Flora theme is very feasible and practical.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aniesa Puspa Arum, M.Pd ; 2). Titin Supiani, M.Pd |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Users 26023 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 03:25 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 03:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/52938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |