IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERBASIS QUIZIZZ DI SMA NEGERI 9 JAKARTA

POWEL SOADUON, . (2024) IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI BERBASIS QUIZIZZ DI SMA NEGERI 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, pertama mengkaji implementasi penilaian pembelajaran sosiologi berbasis quizizz, kedua mengkaji hambatan-hambatan dan upaya yang dilakukan Guru Sosiologi SMA Negeri 9 Jakarta dalam mengatasi hambatan dalam penerapan penilaian pembelajaran sosiologi berbasis quizizz. Penilaian pembelajaran adalah kegiatan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan berkaitan dengan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi literatur. Subjek penelitian terdiri dari 34 orang dan 3 orang informan kunci yang terdiri dari Kepala SMA Negeri 9 Jakarta, Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, dan 1 Guru Sosiologi SMA Negeri 9 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian pembelajaran sosiologi berbasis quizizz mendapatkan respon yang positif dimulai dari guru hingga peserta didik. tampilan antar muka dari aplikasi quizizz yang mampu dipahami secara cepat membuat aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah. Selain itu, fitur-fitur aplikasi quizizz juga berdampak positif bagi guru dan peserta didik. Berdasarkan teori penerimaan teknologi melalui perspektif sosiologis, penggunaan aplikasi quizizz didasari atas dua aspek penting, yaitu aspek kemudahan yang dirasakan pengguna dan kebermanfaatan yang dirasakan pengguna. Aplikasi quizizz memberikan kemudahan seperti mempercepat proses pembuatan soal dan pengoreksian, lalu peserta didik tidak perlu repot mengisi jawaban di kertas. selain itu, kebermanfaatan dari quizizz adalah efisiensi waktu dan mengurangi penggunaan kertas. ***** This study has two main objectives, first to examine the implementation of quizizz- based sociology learning assessment, second to examine the obstacles and efforts made by Sociology Teachers in overcoming obstacles in the implementation of quizizz-based sociology learning assessment. Learning assessment is an activity to measure students' abilities in mastering material. This study uses a qualitative method, with a case study method. The data in this study were obtained through observations, in-depth interviews, documentation and literature studies. The research subjects consisted of 34 people and 3 key informants consisting of the Principal of SMA Negeri 9 Jakarta, Deputy Head of Facilities and Infrastructure, and 1 Sociology Teacher of SMA Negeri 9 Jakarta. The results of the study showed that the implementation of quizizz-based sociology learning assessment received a good response starting from the principal, teachers to students. The interface of the quizizz application that can be understood quickly makes this application easy to use. In addition, the features of the quizizz application also have a positive impact on teachers and students. Based on the theory of technology acceptance through a sociological perspective, the use of the quizizz application is based on two important aspects, namely the aspect of convenience felt by users and the usefulness felt by users. The quizizz application provides convenience such as speeding up the process of making questions and correcting them, then students do not need to bother filling in answers on paper. In addition, the usefulness of quizizz is time efficiency and reducing paper use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Ahmad Tarmiji, M.Si. ; 2). Suyuti, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 26498 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:23
Last Modified: 19 Feb 2025 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53064

Actions (login required)

View Item View Item