ADIZA RESTY PURWANINGTYAS, . (2024) FAKTOR-FAKTOR KONTEN MAKNA TALKS “THE FRIDAY PODCAST” YANG MEMPENGARUHI SIKAP AKTUALISASI DIRI PENGIKUT PADA FASE EMERGING ADULTHOOD (STUDI PADA EPISODE PODCAST POD.257 “Talks About The Balancing Art of Work And Life”). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (647kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pengangguran paling banyak ditempati oleh mereka dengan kelompok usia 20-24 tahun yaitu sebesar 2,39 juta orang. Umur tersebut termasuk ke dalam fase emerging adulthood. Generasi tersebut dikenal sebagai kelompok generasi yang sangat dekat dengan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi suatu permasalahan serius ketika mereka piawai dalam menggunakan teknologi namun tidak mampu memanfaatkan dengan baik penggunaannya khususnya dalam lingkup pekerjaan. Oleh karena itu, podcast Makna Talks hadir untuk memfasilitasi konten edukasi khususnya episode pod.257 “Talks About The Balancing Art of Work and Life” untuk generasi fase emerging adulthood guna menciptakan sikap aktualisasi diri dalam menggapai pekerjaan. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor konten podcast Makna Talks yang mempengaruhi sikap aktualisasi diri pengikut. Penelitian ini menggunakan konsep new media (media baru) yang dikemukakan oleh Pierre Levy, media baru sebagai suatu perkembangan media dari konvensional menuju digital. Penelitian ini menggunakan empat dimensi pada variabel Konten yaitu cognitive, emotional, aesthethic, dan moral. Lalu, tiga dimensi pada variabel Sikap yaitu effortful, enduring, dan dimension of judgement. Metode yang digunakan pada penelitian ini anatara lain menggunakan paradigma positivism serta pendekatan kuantitatif. Lalu, metode yang digunakan pada penelitian ini berupa survei yang dilakukan secara online melalui Google Form. Populasi pada penelitian ini yaitu pengikut podcast Makna Talks per tanggal 14 Mei 2024. Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling dengan syarat yakni: pengikut podcast Makna Talks yang berusia 18-29 tahun dan mendengarkan episode pod.257. Metode pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah univariate dengan melihat distribusi frekuensi dan bivariate dengan melihat faktor analisis. Setelah penelitian ini selesai dilakukan, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa faktor konten podcast Makna Talks yang paling mempengaruhi sikap aktualisasi diri yaitu faktor emotional. Responden yang merupakan pengikut telah mendengarkan konten dan dapat merasakan posisi sebagai narasumber berdasarkan alur cerita. Hal tersebut dilihat dari perolehan nilai factor loadings tertingii ditempati pada dimensi emotional dengan angka sebesar 0,890. Adapun sikap pengikut menunjukkan pengaruh yang signifikan pada aspek enduring yang mengartikan responden atau pengikut menerima banyak bekal pengetahuan atau tips yang disampaikan oleh narasumber. Penelitian ini memberikan temuan bahwa masih banyak generasi fase emerging adulthood yang belum mampu memanfaatkan secara maksimal penggunakan teknologi khususnya media. Responden sebagai digital native dapat menerima informasi media tanpa memahami secara mendalam informasi tersebut. Setelah mendengarkan dan memahami isi pesan, didapatkan suatu faktor yang mempengaruhi sikap yaitu emotional. Berdasarkan uji analisis faktor menunjukkan bahwa seluruh elemen antara lain a priori determination, determination based on eigenvalues, determination based on scree plot, determination based on percentage of variance, determination based on split-half reliability, determination based on significant test, dan factor matrix loading menunjukkan bahwa penelitian ini layak dan memberikan jawaban yang baik serta memenuhi standar sehingga terdapat faktor-faktor konten podcast Makna Talks “The Friday Podcast” yang mempengaruhi sikap aktualisasi diri pengikut pada fase emerging adulthood. Penelitian selanjutnya disarankan untuk membuat lebih banyak variasi dari karakteristik responden yang akan diteliti. Kata Kunci : Konten, Media Baru, Sikap Unemployment is mostly occupied by those in the 20-24 year age group, namely 2.39 million people. This age is included in the phase emerging adulthood. This generation is known as a generation group that is very close to the use of technology in everyday life. It becomes a serious problem when they are skilled at using technology but are unable to utilize it properly, especially within the scope of work. Therefore, podcast Makna Talks is here to facilitate educational content, especially pod episodes. 257 "Talks About The Balancing Art of Work and Life” for phase generation emerging adulthood to create an attitude of self-actualization in achieving work. Therefore, this research was conducted to determine content factors podcast The meaning of Talks influences followers' self actualization attitudes. This research uses the concept new media (new media) proposed by Pierre Levy, new media as a development of media from conventional to digital. This research uses four dimensions in the Content variable, namely cognitive, emotional, aesthethic, and moral. Then, there are three dimensions to the Attitude variable, namely effortful, enduring, and dimension of judgement. The methods used in this research include using a positivist paradigm and a quantitative approach.. Then, the method used in this research was a survey conducted online online via Google Form. The population in this study are followers podcast Meaning of Talks as of May 14 2024. The sampling technique used in this research is purposive sampling with the condition that: follower podcast Meaning of Talks who are 18-29 years old and listened to episode pod.257. The data processing method used in this research is univariate by looking at the frequency distribution and bivariate by looking at factor analysis. After this research was completed, results were obtained which showed that the content factor podcast The meaning of Talks that most influences self�actualization attitudes is factor emotional. Respondents who are followers have listened to the content and can feel the position of a source based on the storyline. This is seen from the acquisition of value factor loadings The highest is occupied by dimensions emotional with a figure of 0.890. The followers' attitudes show a significant influence on aspects enduring which means that respondents or followers receive a lot of knowledge or tips conveyed by the resource person. This research provides findings that there are still many phase generations emerging adulthood who have not been able to make maximum use of technology, especially media. Respondent as digital native can receive media information without deeply understanding the information. After listening and understanding the content of the message, a factor that influences attitude is obtained, namely emotional. Based on the factor analysis test, it shows that all elements, among others a priori determination, determination based on eigenvalues, determination based on scree plot, determination based on percentage of variance, determination based on split-half reliability, determination based on significant test, and factor matrix loading shows that this research is feasible and provides good answers and meets the standards so that there are content factors podcast Meaning of Talks "The Friday Podcast” which influences the follower's self-actualization attitude in the phase emerging adulthood. Further research is recommended to create more variations in the characteristics of the respondents to be studied. Keywords : Attitude, Content, New Medi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Marisa Puspita Sary SP, M.Si 2). Dr. Marisa Puspita Sary, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Adiza Resty Purwaningtyas . |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 03:55 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 03:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |