HUBUNGAN HARGA DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI JAKARTA SELATAN

ZIDAN ARRAHMAN, . (2025) HUBUNGAN HARGA DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN RESILIENSI PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan harga diri dan dukungan sosial dengan resiliensi pada peserta didik SMA Negeri di Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Negeri di Jakarta Selatan dengan sampel sebanyak 445 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling. Pengumpulan data dengan instrumen RSE(1965), MPSS(1988), dan CD-RISC(2003). Pengumpulan data telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data analisis menggunakan uji korelasi berganda dengan SPSS versi 26. Hasil korelasi antara variabel harga diri dan dukungan sosial dengan resiliensi menunjukan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dengan nilai kerekatan R=0,558. Artinya terdapat hubungan yang positif secara signifikan dan simultan antara harga diri dan dukungan sosial dengan resiliensi. Harga diri memiliki nilai keeratan r=0,481 aspek terbesar self competence(9,67). Diikuti dengan dukungan sosial dengan nilai keeratan r=0,441 aspek terbesar orang terdekat(21,12.) dengan resiliensi. Jika harga diri dan dukungan sosial meningkat maka resiliensi peserta didik juga meningkat. Oleh karenanya, Guru BK dapat memberikan bimbingan klasikal dan bimbingan kelompok bertemakan cara meningkatkan harga diri, konseling untuk pengentasan harga diri rendah dengan pendekatan REBT (Rational Emotive behavior Therapy) dan seminar orang tua tentang dukungan sosial dari keluarga untuk remaja.*****This research aims to determine the relationship between self-esteem and social support with resilience in public high school students in South Jakarta. The method used is a correlation method with a quantitative approach. The study population was public high school students in South Jakarta with a sample of 445 students. Sampling using incidental sampling technique. Data collection with RSE (1965), MPSS (1988), and CD-RISC (2003) instruments. Data collection has been tested for validity and reliability. The results of the correlation between the variables of self-esteem and social support with resilience showed a value of Sig. 0.000 <0.05 with a value of closeness R=0.558. This means that there is a significant and simultaneous positive relationship between self-esteem and social support with resilience. Self-esteem has a closeness value of r=0.481 the largest aspect of self competence (9.67). Followed by social support with a closeness value of r=0.441 the largest aspect of the closest person (21.12.) with resilience. If self-esteem and social support increase, the resilience of students also increases. Therefore, counseling teachers can provide classical guidance and group guidance with the theme of how to increase self-esteem, counseling for the alleviation of low self-esteem with the REBT (Rational Emotive behavior Therapy) approach and parent seminars on social support from families for adolescents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Herdi, M.Pd; 2). DEWI JUSTITIA, M.Pd., Kons
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Zidan Arrahman .
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:57
Last Modified: 20 Feb 2025 07:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53178

Actions (login required)

View Item View Item