KAYYIS IHFAZHILLAH, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PADA ‘MATA PELAJARAN FOTOGRAFI’ KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL INSAN MULIA INFORMATIKA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (502kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pembelajaran berupa video animasi berjudul "Teknik Dasar Fotografi" yang ditujukan untuk siswa kelas XI di SMK Desain Komunikasi Visual Insan Mulia Informatika Jakarta Timur sebagai sumber belajar mata pelajaran fotografi. Pengembangan video pembelajaran ini didasarkan pada analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan video animasi ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Model ini terdiri dari empat tahap utama, yaitu tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Evaluasi dilakukan secara formatif dengan metode wawancara kepada ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media untuk mendapatkan nilai saran dan revisi produk. Uji coba juga dilakukan kepada siswa small group menggunakan kuisioner. Hasil uji coba small group berupa saran dan masukan yang dijadikan perbaikan pada produk. Hasil uji kelayakan dari ahli materi menunjukkan nilai 92% dengan kategori "sangat layak digunakan". Hasil dari ahli desain pembelajaran memperoleh nilai 92% dengan kategori "sangat layak digunakan", dan ahli media memberikan nilai 90% dengan kategori "sangat layak digunakan". Berdasarkan hasil evaluasi dari para ahli dan uji coba siswa, produk video animasi ‘Teknik Dasar Fotografi’ ini dinyatakan layak digunakan sebagai media untuk mendukung pembelajaran.***** This study aims to produce a learning product in the form of an animated video titled ‘Basic Photography Techniques’, intended for 11th-grade students at SMK Desain Komunikasi Visual Insan Mulia Informatika, East Jakarta, as a learning resource for the photography subject. The development of this instructional video is based on a needs analysis and learning objectives. The process of developing this animated video follows the 4D development model introduced by S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. Semmel. This model consists of four main stages: Define, Design, Development, and Disseminate. The evaluation was carried out formatively through interviews with subject matter experts, instructional design experts, and media experts to gather feedback and product revisions. A trial was also conducted with students using a small-group questionnaire. The results of the small-group trial provided suggestions and feedback for product improvements. The evaluation results from subject matter experts showed a score of 92% in the "highly feasible" category. The instructional design experts also gave a score of 92% in the "highly feasible" category, while media experts rated it 90% in the "highly feasible" category. Based on the evaluation results from experts and student trials, the animated video ‘Basic Photography Techniques’ is deemed suitable for use as a medium to support learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Khaerudin, M.Pd.; 2). Drs. R.A. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc.Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 26402 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 02:44 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 02:44 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |